Lokadata.ID

10 musisi Indonesia berpenghasilan terbesar di Spotify

10 Musisi berpenghasilan terbesar di Spotify.
10 Musisi berpenghasilan terbesar di Spotify. Lokadata / Lokadata

Ketika panggung tak bisa digelar selama pandemi Covid-19, maka berbagai platform media sosial seperti Youtube, Spotify, Joox menjadi ajang untuk menampilkan karya sekaligus meraup penghasilan.

Meski tidak mudah, nyatanya banyak musisi yang bisa mendapatkan banyak uang dari manggung di berbagai media digital itu. Spotify adalah salah satu kanal streaming populer di Indonesia, yang menjadi sasaran para penyanyi.

Kossy Ng, Head of Music, Spotify Asia menuturkan, Indonesia merupakan, dan akan terus menjadi negara yang penting bagi Spotify.

"Indonesia begitu kaya dengan talenta berbakat di berbagai genre musik, dan kami senang menjadi bagian di dalamnya. Sebagai platform streaming global, kami melihat bahwa penemuan musik menjadi semakin tanpa batas," ujar Kossy kepada Lokadata, Kamis (5/8/2021).

Lebih lanjut Kossy menjelaskan, dalam lima tahun spotify hadir di Indonesia, spotify melakukan investasi maupun pengembangan tim untuk mendukung kebutuhan para pendengar, artis, dan kreator dalam negeri.

"Semenjak itu, kami pun telah menyaksikan sejumlah kisah sukses dari Rich Brian, Pamungkas, Tiara Andini, Nadin Amizah, dan masih banyak lagi," katanya.


Menurut Free Your Music, Spotify membayar para musisi rata-rata AS$0,004 per stream, sehingga dengan kurs AS$1 setara Rp14.488 (27 April 2021), Pamungkas mengumpulkan Rp3,72 miliar sepanjang Januari hingga Maret 2021.

Dari 10 musisi berpenghasilan terbesar di Spotify pada kuartal pertama 2021, Hindia ada di posisi bontot. Dari 14,26 juta kali lagunya diputar, penyanyi yang lahir dengan nama Baskara Putra ini mengumpulkan pundi-pundi senilai Rp830 juta.

Spotify pernah mencoba menjawab polemik kecilnya nilai royalti lewat laporan Loud & Clear. Namun tidak secara gamblang menyebutkan angka atau sistem penghitungan.

Adapun, terdapat dua jenis royalti yang diberikan Spotify kepada para musisi sebagai kompensasi. Royalti ini diterima pemegang hak lagu, baik saat lagu itu dimainkan pelanggan premium atau gratis.

Pertama, royalti rekaman diberikan kepada pemegang hak atas rekaman yang di-streaming di Spotify. Royalti ini dibayarkan kepada artis melalui label atau distributor.

Kedua, royalti penerbitan yang diberikan kepada penulis lagu atau komposer. Pembayarannya diberikan kepada penerbit, collecting society, dan mechanical agency berdasarkan wilayah penggunaan.

Dari data Spotify Charts, musisi Indonesia, yang lagunya paling banyak diputar dalam kurun Januari hingga Maret 2021, adalah Pamungkas. Pada kuartal I-2020 musisi Pamungkas telah diputar sebanyak 64,16 juta kali.

Dalam catatan Spotify Asia juga mencatat, Pamungkas memecahkan rekor sebagai penyanyi lokal yang menjuarai tangga lagu Indonesia Top 50 dengan durasi paling lama. Tepatnya delapan minggu berturut-turut sejak 9 Maret 2021. Rekor ini sebelumnya dipegang Weird Genius featuring Sara FajiraLATHI (ꦭꦛꦶ).

Lokadata mencoba mengonfirmasi perhitungan ini dengan menghubungi para musisi, di antaranya Pamungkas, Nadin Amizah, dan Ardhito Pramono. Namun hingga tulisan ini ditayangkan, tidak ada jawaban.

Catatan redaksi: Artikel ini telah mengalami perubahan dengan tambahan informasi dari spotify per Rabu, 25 Agustus 2021. 10.25 WIB.