Lokadata.ID

77 warga sekitar kerumunan Rizieq korona, penjemput diminta tes PCR

Massa menunggu kedatangan Habib Rizieq Shihab di Markas Besar FPI, Petamburan, Jakarta, (10/11/2020).
Massa menunggu kedatangan Habib Rizieq Shihab di Markas Besar FPI, Petamburan, Jakarta, (10/11/2020). Asprilla Dwi Adha / ANTARA FOTO

Satgas Covid-19 meminta masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah Tebet dan Petamburan di Jakarta Selatan serta Megamendung di Bogor untuk segera melakukan Tes Polymerase Chain Reaction (PCR) menyusul sejumlah kasus positif di wilayah tersebut. Dua pekan lalu, pimpinan FPI Habib Rizieq Shihab menggelar kegiatan yang menyebabkan kerumunan ribuan orang tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) COVID-19, Doni Monardo mengimbau agar masyarakat segera mendaftarkan diri ke RT/RW di wilayahnya untuk mendapatkan Tes PCR tersebut secara gratis.

"Kami telah menyebarkan rapid test swab antigen sebanyak 2.500 unit kepada Puskesmas yang wilayahnya berpotensi terjadi peningkatan kasus seperti di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. RT dan RW di Tebet, Petamburan, dan Megamendung dapat berkoordinasi dengan Puskesmas tersebut agar masyarakatnya segera mendapatkan Tes PCR dengan gratis," kata Dono seperti dikutip Warta Ekonomi (20/11/2020).

Doni menjelaskan bahwa Tes PCR ini juga disarankan bagi orang-orang yang turut dalam penjemputan Habib Rizieq ke Soekarno-Hatta. Jika pemeriksaan menunjukkan hasil positif Covid-19, maka Doni minta masyarakat dapat melakukan isolasi di tempat yang telah disediakan pemerintah, yaitu di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Menurut Tempo, berdasarkan pemeriksaan sementara, saat ini sebanyak tujuh kasus positif Covid-19 dari 15 orang yang tes usap di Petamburan, 20 kasus positif dari 559 orang jalan tes usap di Megamendung, dan 50 kasus positif di Tebet.

Ringkasan

  • Satgas COVID-19 meminta masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah Tebet dan Petamburan di Jakarta Selatan serta Megamendung di Bogor untuk segera melakukan Tes Polymerase Chain Reaction (PCR) menyusul sejumlah kasus positif di wilayah tersebut.
  • Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) COVID-19, Doni Monardo mengimbau agar masyarakat segera mendaftarkan diri ke RT/RW di wilayahnya untuk mendapatkan Test PCR tersebut secara gratis.
  • Doni pun meminta agar setiap orang yang terlibat di kerumunan tersebut proaktif memeriksakan diri ke puskesmas terdekat.
  • Klaster tersebut ada di Petamburan, Jakarta Pusat dan di Megamendung, Bogor, Jawa Barat.
  • Hasilnya ada 77 orang positif COVID-19, termasuk Lurah Petamburan.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 8 pemberitaan, diikuti peringkat kedua detik.com dengan 5 pemberitaan. selanjutnya rmol.id dengan 3 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 23:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 19:00 WIB dengan total 16 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh beritasatu.com dengan 2239 interaksi, diikuti peringkat kedua cnnindonesia.com dengan 964 interaksi. Selanjutnya detik.com dengan 901 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.