Lokadata.ID

AirAsia perpanjang penghentian terbang sampai 6 September

Ilustrasi: Pesawat AirAsia terlihat terparkir di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2 (14/4/2020).
Ilustrasi: Pesawat AirAsia terlihat terparkir di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2 (14/4/2020). Lim Huey Teng / ANTARA FOTO/REUTERS

AirAsia Indonesia memperpanjang penghentian sementara penerbangan berjadwal hingga 6 September 2021.

Maskapai penerbangan dengan kode QZ itu menyatakan, penghentian dilakukan untuk mendukung upaya pemerintah menekan penyebaran Covid-19 dan sejalan dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"AirAsia tetap berkomitmen untuk melayani penerbangan charter dan kargo untuk mendukung misi repatriasi, pengiriman barang dan kepentingan esensial lainnya dengan penerapan protokol kesehatan dan keselamatan yang ketat," tulis manajemen dalam keterangan resmi, Kamis (5/8), seperti dikutip CNN Indonesia.

Manajemen mengungkapkan calon penumpang yang ingin mengubah penerbangannya selama periode ini dapat mengubah pembeliannya menjadi akun kredit yang berlaku hingga 730 hari (2 tahun) untuk pembelian tiket berikutnya.

Selain itu, tamu dapat mengubah jadwal penerbangan ke tanggal lainnya sampai dengan 31 Oktober 2021, dapat dilakukan tidak terbatas dan tanpa biaya tambahan.

"Tamu juga dapat memilih untuk mengajukan pengembalian dana. Pengubahan dan pengajuan ini dapat dilakukan melalui AVA di airasia.com atau support.airasia.com," kata manajemen.

Perusahaan menegaskan keselamatan dan keamanan setiap penumpang dan karyawan menjadi prioritas. Selanjutnya, perusahaan akan terus mengevaluasi perkembangan situasi.

Apabila situasi membaik, perusahaan menyatakan siap untuk kembali membuka layanan penerbangan berjadwal kapan pun.


Super Jet

Super Air Jet yang tengah mempersiapkan rencana untuk penerbangan perdana melayani penumpang berjadwal, bekerja sama dengan PT Daya Dinamika Sarana Medika (DDSM) menawarkan tes antigen dan PCR untuk penumpang dengan tarif diskon,

Uji kesehatan Covid-19 untuk tahap awal ada di 15 lokasi, dengan biaya antigen Rp95.000 dan PCR Rp475.000, demikian dikutip Inspirasi Makassar.

Belum dijelaskan kapan Air Jet akan terbang perdana.

Ringkasan

  • AirAsia Indonesia memperpanjang penghentian sementara penerbangan berjadwal hingga 6 September 2021.
  • Penghentian dilakukan untuk mendukung upaya pemerintah menekan penyebaran Covid-19 dan sejalan dengan penerapan PPKM
  • Super Air Jet yang tengah mempersiapkan rencana untuk penerbangan perdana melayani penumpang berjadwal, menawarkan tes antigen dan PCR untuk penumpang dengan tarif diskon,

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh liputan6.com dan detik.com dengan 1 pemberitaan, diikuti peringkat kedua cnnindonesia.com dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 08:00 hingga 10:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 1 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh cnnindonesia.com dengan 94 interaksi, diikuti peringkat kedua liputan6.com dengan 2 interaksi. Selanjutnya detik.com dengan 1 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.