Lokadata.ID

Anies Baswedan dan Ridwan Kamil subuhan di Sumedang

Ridwan Kamil dan Anies Baswedan di Sumedang (11/6/2021)
Ridwan Kamil dan Anies Baswedan di Sumedang (11/6/2021) / pojoksatu.id

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Anies Baswedan bertemu memenuhi undangan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Jumat (11/6/2021), demikian dilaporkan Bisnis.

Mengawali agenda, Anies-Ridwan Kamil mengikuti sholat subuh berjamaah di Mesjid Agung Sumedang, didampingi Dony dan Sekda Sumedang Herman Suryatman. Keduanya kompak mengenakan baju koko warna hitam dengan motif yang berbeda.

Usai sholat subuh, mereka melepaskan diri dari rombongan untuk sarapan kuliner khas Sumedang di rumah makan tahu Sumedang “ Palasari”. Mereka berdua menyantap tahu sumedang, lontong dan teh botol.

Pertemuan ini terjadi di tengah hangatnya peta Pilpres 2024. Sejumlah nama muncul dalam survei bakal calon presiden termasuk Anies Baswedan, Ketua DPR Puan Maharani, Gunernur Jateng Ganjar Pranowo dan juga Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menyebut hubungan antara dirinya dan Anies sangat baik. Keduanya sudah terbiasa saling mengapresiasi kinerja masing-masing. Namun memang jarang terekspos.

“Entah kenapa oleh media, saling menyapa hari ini selalu ditafsir ada hubungannya dengan (Pilpres) 2024. Padahal sebelumnya juga sama. Kita WA-an. Pak anies ulang tahun saya posting,” katanya.

Menurut pria yang akrab disapa Emil, budaya saling menguatkan antar pemimpin bisa berpengaruh positif terhadap masyarakat yang psikologis saat ini cenderung mudah bertengkar.

Di sisi lain, banyak kepala daerah, khususnya gubernur, seperti Anies maupun Ganjar datang satu generasi yang sama dengan dirinya.

Ini diakui berpengaruh pada hubungan komunikasi yang mudah terjalin. “Kami datang sama sama dari satu generasi, tupoksinya kebetulan sama ngurus daerah, sama sama gubernur, 50 persen pak Anies, 50 persen pak Ganjar, itulah cinta saya kepada beliau-beliau,” ucap Ridwan Kamil.

Berkaitan dengan Pilpres 2024, dia mendoakan siapapun yang dipercaya maju dan terpilih agar bisa melaksanakan amanah dengan baik.

“Saya mendoakan siapapun yang ditakdirkan mendapatkan sebuah amanah di masa depan, saya akan bahagia sekali karena datang dari generasi yang sama,” katanya.

Ringkasan

  • Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan santer dikabarkan akan maju dalam Pilpres 2024, mendatang.
  • Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Anies Baswedan akhirnya bertemu dalam momen penuh keakraban dan kedekatan.
  • Seperti diketahui, nama Jokowi mulai dikenal banyak orang setelah menjanjikan akan menjadikan mobil SMK sebagai mobil nasional saat bersiap maju pada Pilgub DKI 2012.
  • Lantas apa sebenarnya kepentingan pertemuan keduanya? Rupanya Anies mengundang Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat dalam kegiatannya hari ini.
  • Anies dan RK memulai kebersamaan pagi ini dengan salat subuh berjemaah di Masjid Agung Sumedang.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh detik.com dengan 2 pemberitaan, diikuti peringkat kedua wartaekonomi.co.id dan tribunnews.com dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 01:00 hingga 09:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 08:00 WIB dengan total 3 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh bisnis.com dengan 0 interaksi, diikuti peringkat kedua detik.com dengan 0 interaksi. Selanjutnya genpi.co dengan 0 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.