Lokadata.ID

Anies perpanjang PPKM Mikro, salat Ied boleh di lapangan?

Shalat tarawih berjamaah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (12/4/2021).
Shalat tarawih berjamaah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (12/4/2021). Hafidz Mubarak A / ANTARA FOTO

Pemprov DKI Jakarta kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro untuk mengantisipasi potensi lonjakan kasus aktif menjelang dan pasca-Lebaran.

"Pemprov DKI Jakarta akan memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro hingga tanggal 17 Mei 2021," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam keterangan tertulis seperti dikutip Merdeka, Senin (3/5).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Pemprov berencana mengizinkan pelaksanaan salat Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19 ini bisa digelar di area terbuka. Mengingat dengan kondisi tersebut pengaturan jarak antar-jamaah akan lebih mudah dilakukan.

Pada Lebaran tahun lalu, pemerintah melarang kegiatan salat Ied dan kegiatan lain seperti taraweh dan buka bersama di masjid karena sedang lockdown. Namun saat ini sudah ada pelonggaran seperti taraweh dan salat berjamaah di masjid.

"Kami mempertimbangkan untuk mengizinkan pelaksanaan salat Idul Fitri di area terbuka, karena mudah untuk mengatur jaraknya. Regulasinya nanti sesuai dengan arahan Surat Edaran Sekda DKI. Jika kondisinya memungkinkan, semoga kita bisa istiqomah menjaga protokol kesehatan agar ikhtiar kita ini bisa berjalan dengan lancar," kata Anies dalam keterangan tertulis seperti dikutip CNN Indonesia, Selasa (4/5).

Kasus positif naik

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mencatat adanya kenaikan kasus aktif Covid-19 di Ibu Kota selama dua pekan terakhir. Menurut dia, peningkatan kasus aktif tersebut fluktuatif. Kenaikannya sebanyak 136 kasus.

"Pada tanggal 19 April terdapat 6.884 kasus aktif dan ada kenaikan menjadi 7.020 kasus aktif pada 3 Mei," kata Widyastuti dalam keterangannya, Senin (3/5/2021).

Kendati begitu, dia menyatakan kasus Covid-19 di Jakarta masih terkendali. Salah satu indikatornya yaitu mengenai ketersediaan tempat tidur di rumah sakit rujukan. Untuk tempat tidur di ICU saat ini sudah terisi sebanyak 41 persen jumlah keseluruhan ada 1.027 unit.

"Kapasitas tempat tidur isolasi sebanyak 7.087 unit dan terisi 2.691 atau 38 persen. Sedangkan pada 3 Mei jumlah tempat tidur 6.735 dan terisi 2.385 atau terisi 35 persen," katanya.

Selain itu, Widyastuti juga mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Sebab Ramadan kali ini sejumlah kegiatan keagamaan dapat dilakukan di tempat ibadah dengan kapasitas 50 persen.

"Semoga warga Jakarta tetap mematuhi 3M termasuk menghindari kerumunan dan menghindari mobilisasi sangat penting. Padahal, sebulan yang lalu jumlah yang terpapar kasus positif kurang dari seribu dari jumlah saat ini," jelas dia.

Ringkasan

  • Pemprov DKI tengah mempertimbangkan perizinan untuk pelaksanaan salat Idul Fitri di area terbuka.
  • Keputusan perpanjangan PPKM mikro tersebut guna mengantisipasi potensi lonjakan kasus aktif menjelang dan pascalebaran.
  • Anies mengatakan, regulasi shalat Id nanti akan menyesuaikan arahan Surat Edaran Sekretaris Daerah DKI Jakarta.
  • Lebih lanjut, Anies mengajak semua pihak untuk tidak lengah terhadap potensi penularan Covid-19 pascalebaran.
  • Salah satu indikatornya yaitu mengenai ketersediaan tempat tidur di rumah sakit rujukan.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh merdeka.com dengan 3 pemberitaan, diikuti peringkat kedua realitarakyat.com dan kontan.co.id dengan 2 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 00:00 hingga 23:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 5 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh kompas.com dengan 20 interaksi, diikuti peringkat kedua merdeka.com dengan 8 interaksi. Selanjutnya liputan6.com dengan 7 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.