Lokadata.ID

Batang siap sambut relokasi pabrik dari mancanegara

Foto udara tol Batang-Semarang saat masih dalam pembangunan, di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (18/10/2018).
Foto udara tol Batang-Semarang saat masih dalam pembangunan, di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (18/10/2018). Harviyan Perdana Putra / Antara Foto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kawasan Industri Batang di Jawa Tengah, Selasa (30/6/2020). Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meyakini kawasan industri ini akan menggairahkan investasi, termasuk menarik investor yang merelokasi pabriknya dari mancanegara.

Erick Thohir menjelaskan, kawasan Batang dipilih sebagai kawasan industri untuk menyambut relokasi-relokasi pabrik dari negara lain karena lahannya milik BUMN PTPN IX sehingga tak ada masalah soal lahan maupun perizinan.

Jokowi pun memerintahkan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memberikan pelayanan terbaik. Dia juga menginstruksikan perizinan relokasi perusahaan tak dipersulit. Tujuh perusahaan siap merelokasi pabrik ke Indonesia, berasal dari Tiongkok, Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan.

Ringkasan

  • Presiden Joko Widodo meninjau Kawasan Industri Terpadu Batang dalam kunjungan kerjanya ke Jawa Tengah pada Selasa, 30 Juni 2020.
  • Nantinya Kawasan Industri Batang ini juga harus dipadukan dengan industri di Jateng lainnya seperti di Brebes, Kendal, dan pariwisata Borobudur.
  • Kawasan industri ini diyakini akan menggairahkan investasi, termasuk menarik investor yang akan merelokasi pabriknya dari Cina.
  • Presiden Joko Widodo mengizinkan tujuh perusahaan asing pindah ke Indonesia. Lima dari tujuh perusahaan itu merelokasi pabrik dari Cina.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh cnbcindonesia.com dengan 4 pemberitaan, diikuti peringkat kedua sindonews.com dan bisnis.com dengan 3 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 09:00 hingga 16:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 13:00 WIB dengan total 8 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh solopos.com dengan 11408 interaksi, diikuti peringkat kedua tempo.co dengan 426 interaksi. Selanjutnya cnbcindonesia.com dengan 112 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.