Lokadata.ID

Berapa konsumsi beras kita setahun?

Infografik data konsumsi beras rata-rata orang per tahun orang Indonesia.
Infografik data konsumsi beras rata-rata orang per tahun orang Indonesia. Antyo Rentjoko / Beritagar

Hari ini adalah Hari Pangan Sedunia. Di tengah peringatan ini, pemerintah Indonesia berencana mengimpor beras dari Thailand dan Vietnam sebanyak satu juta ton. Sebabnya, El Nino membuat panen tak tentu. Padahal selama ini Indonesia dikenal sebagai negeri agraris. Lalu, kenapa kita harus mengimpor beras?

Bisa jadi karena produksi beras yang kita yang minim atau konsumsi beras kita yang boros. Lalu sebenarnya, berapa banyak rata-rata beras yang kita konsumsi?

Menurut Menteri Pertanian, Amran Sulaiman konsumsi beras turun. Sebabnya ada pergeseran konsumsi, seperti mi instan. "Sekarang konsumsinya bukan cuma beras saja. tetapi, ada indomie. Penurunan dari tahun lalu 124 kg sekarang jadi 114 kg per tahun dan itu hasil BPS," ujar Amran seperti dikutip dari Beritasatu.

Wakil Presiden Jusuf Kalla, akhir Maret lalu, mengkaji berapa sebenarnya konsumsi beras rata-rata orang Indonesia. "Ini kami lakukan untuk mengukur tingkat konsumsi beras harian rata-rata Indonesia," katanya seperti dikutip Republika.

Dalam pengukuran itu dipakai empat takaran berbeda, dari Susenas 87,63 kg per tahun atau 240 gr per hari. Kedua berdasar data BPS/Kemendag 114 kg per tahun atau 312 gr per hari.

Lalu yang ketiga dari Kementerian Pertanian 124 kg per tahun atau 340 gr per hari dan yang keempat dari BPS 139 kg per hari atau 380 gr per hari. "Setelah kami diskusikan kami lihat sendiri ternyata yang mendekati itu memang hanya data BPS," ujar Kalla.

Kami mencoba menghitung sendiri berapa sebenarnya konsumsi beras rata-rata dalam setahun. Berdasar resep Fatmah Bahalwan dari Natural Cooking Club di Kompas.com, untuk makan 10 orang, digunakan beras satu kilogram.

Maka, untuk satu kali makan, tiap orang butuh 100 gram beras. Jika dalam satu hari ia makan tiga kali, maka dalam sehari orang butuh 300 gram beras. Dalam setahun, ini sama dengan 109,5 kilogram.