Lokadata.ID

BI: Transaksi antar-negara gunakan mata uang lokal, dolar AS tergeser

Ilustrasi:Penukaran uang asing di Jakarta (13/1/2020).
Ilustrasi:Penukaran uang asing di Jakarta (13/1/2020). Aprillio Akbar / ANTARA FOTO

Indonesia dan beberapa negara di Asia mulai meninggalkan dolar Amerika Serikat dan beralih ke mata uang lokal (local currency settlement/LCS) dalam transaksi perdagangan maupun investasi.

Bank Indonesia mencatat, dalam sebulan rata-rata Indonesia berhasil mengurangi ketergantungan terhadap dolar AS sebesar AS$117,3 juta atau setara dengan Rp1,68 triliun. Dibandingkan dengan nominal yang dikeluarkan dalam perdagangan memang masih kecil. Namun tren positif masih terus berlangsung.

"Meski rasio penggunaan transaksi LCS secara keseluruhan masih relatif rendah dibandingkan total perdagangan, melihat trend-nya yang positif, didukung dengan telah dilakukannya penguatan framework LCS dengan tiga negara tersebut serta kampanye LCS yang dilakukan secara komprehensif, ke depan diharapkan penggunaan LCS dengan Thailand, Malaysia, dan Jepang akan semakin meningkat," kata Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono kepada CNBC Indonesia.

Saat ini BI telah menjalin kerja sama LCS dengan negara Jepang, Malaysia, dan Thailand. Sementara proses finalisasi perjanjian LCS dengan Cina masih berlangsung.

Kepala Departemen Internasional Bank Indonesia (BI) Doddy Zulverdi mengungkapkan bahwa terdapat sejumlah hal yang dapat dimanfaatkan para pelaku usaha dengan LCS ini.

"Mata uang lokal tergantung dengan kita bekerja sama dengan negara mana (rupiah, ringgit, dan yen) dapat digunakan untuk transaksi perdagangan termasuk investasi dan transfer tanpa dikonversi dulu ke dolar AS jadi lebih murah," katanya, Jumat (6/8) seperti dikutip Gatra.

Doddy menjelaskan bahwa melalui LCS ini biaya konversi rupiah ke dalam mata uang lokal dapat lebih efisien. Pasalnya, transaksi memakai kuotasi harga secara langsung dan turut ditransaksikan secara langsung antara rupiah dengan mata uang negara mitra LCS tanpa harus cross rate ke dalam dolar AS.

Para pelaku usaha juga dapat memanfaatkan alternatif pembiayaan ekspor atau direct investment dalam mata uang lokal. Di dalamnya pun telah disertai instrumen hedging atau lindung nilai dalam mata uang lokal.


Skema LCS terus meningkat

Data Bank Indonesia menunjukkan, rasio transaksi perdagangan Indonesia-Thailand menggunakan skema LCS dalam mata uang THB/IDR terhadap total perdagangan Indonesia-Thailand telah mencapai 1,3 persen pada 2020, meningkat dibandingkan 0,6 persen pada 2018.

Bahkan, rasio yang sama untuk transaksi LCS antara Indonesia-Malaysia dalam mata uang MYR/IDR telah mencapai 4,1 persen pada tahun 2020, hampir 3 kali lipat rasio pada tahun 2018 sebesar 1,4 persen.

Perkembangan transaksi LCS antara Indonesia-Jepang dalam mata uang JPY/IDR juga terus alami peningkatan sejak dimulai pada September 2020. Pada periode September-Desember 2020 rasionya terhadap total perdagangan Indonesia-Jepang baru tercatat sebesar 0,1 persen, kemudian pada periode Januari-Mei 2021 telah meningkat signifikan menjadi sekitar 3,4 persen.

Pada bulan ini, Indonesia dan Cina juga akan memulai penerapan LCS. Sebagai mitra dagang utama, kesepakatan dengan Cina akan banyak mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap dolar AS.

Dalam 6 bulan pertama tahun ini, ekspor non migas ke Cina mencapai AS$21,2 miliar dan impor AS$25,2 miliar. Kedua negara telah menyelesaikan mekanisme teknis dari pelaksanaan LCS.

"Sementara itu, kerja sama LCS ACCD dengan Tiongkok sudah ditandatangani tetapi belum secara resmi diimplementasikan karena masih menunggu pemenuhan beberapa persyaratan oleh bank-bank ACCD yang ditunjuk. Progress-nya sangat positif sehingga diharapkan dalam waktu dekat kerja sama LCS dengan Tiongkok dapat segera diimplementasikan," kata Erwin Haryono.

Ke depan, BI terus menjajaki kerja sama dengan negara lainnya agar ikut meninggalkan dolar AS. Adalah Korea Selatan, India dan negara tetangga Filipina

Ringkasan

  • Bank Indonesia (BI) memperkuat kerja sama mata uang lokal (local currency settlement/LCS) Indonesia dengan Malaysia dan Jepang.
  • Penggunaan LCS diperkirakan mampu meningkatkan daya saing Indonesia, khususnya kinerja ekspor Indonesia ke Cina dan mengurangi kebergantungan pada mata uang dolar.
  • Doddy memberikan contoh, misalnya dengan Malaysia sebelum ada penguatan kerangka kerja sama LCS, hubungan transaksinya hanya sebatas untuk perdagangan saja.
  • Kepala Departemen Internasional Bank Indonesia Doddy Zulverdi menjelaskan pertumbuhan rasio mata uang lokal dalam perdagangan dengan negara-negara tersebut cenderung tumbuh positif.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh kontan.co.id dengan 3 pemberitaan, diikuti peringkat kedua cnbcindonesia.com dengan 2 pemberitaan. selanjutnya sawitindonesia.com dengan 1 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 17:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 14:00 WIB dengan total 3 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh cnnindonesia.com dengan 384 interaksi, diikuti peringkat kedua cnbcindonesia.com dengan 229 interaksi. Selanjutnya bisnis.com dengan 86 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.