Lokadata.ID

Bill dan Melinda Gates cerai, AS$146 miliar dipertaruhkan

Bill dan Melinda Gates dalam kegiatan Gates Foundation
Bill dan Melinda Gates dalam kegiatan Gates Foundation / gatesfoundation.org

Pasangan terkaya di dunia, Bill dan Melinda Gates, yang telah menikah selama 27 tahun, secara mengejutkan mengumumkan rencana perceraian. Pasangan yang berpengaruh besar dalam dunia filantropi, industri teknologi, kesehatan global, perubahan iklim dan kesetaraan ini mengumumkan perpisahan mereka, Senin (3/5/2021).

"Setelah banyak pemikiran dan banyak pekerjaan pada hubungan kami, kami telah membuat keputusan untuk mengakhiri pernikahan kami," kata keduanya dalam pernyataan singkat yang diunggah di Twitter.

“Kami telah membesarkan tiga anak yang luar biasa dan membangun sebuah yayasan yang bekerja di seluruh dunia untuk memungkinkan semua orang menjalani kehidupan yang sehat dan produktif,” demikian pernyataan bersama mereka yang dikutip VOA News, Selasa ( 4/5/2021).

CNN mengabarkan, Melinda Gates mengajukan cerai di King County, Washington, pada hari Senin. Ia meminta hakim untuk mengakhiri pernikahan berdasarkan kontrak perpisahan pasangan tersebut. Namun Yayasan Bill dan Melinda Gates tidak segera membalas permintaan komentar dari CNN Business.

Menurut Bloomberg Billionaires Index, pasangan ini diperkirakan mempertaruhkan kekayaan senilai AS$146 miliar atau sekitar Rp2.200 triliun dalam perpisahan yang mungkin akan menjadi salah satu yang termahal di dunia. Baik Melinda maupun Bill Gates tidak memberikan keterangan tentang rencana keuangan, tapi mereka menekankan akan tetap bekerja sama melanjutkan kegiatan filantropi.

Detail keuangan dari perpisahan Gates sendiri masih belum jelas. Bill Gates memiliki 1,37 persen dari saham Microsoft, yang bernilai lebih dari AS$26 miliar, menurut FactSet. Dilansir CNBC, pada satu titik, pasangan itu memutuskan untuk memindahkan saham Microsoft senilai AS$20 miliar ke yayasan ketika mereka berusaha meningkatkan komitmen mereka untuk filantropi.

Catatan Forbes, Bill Gates saat ini merupakan orang terkaya keempat di dunia dengan perkiraan kekayaan sebesar AS$130,5 miliar. Sebenarnya dia bisa lebih kaya kalau saja dia tidak berkomitmen untuk memberikan minimal setengah dari kekayaannya sebelum dia meninggal.

Pasangan yang dikaruniai tiga anak: Jennifer, 25, Rory, 21, dan Phoebe, 18, ini mengumumkan perpisahan hanya berselang dua minggu setelah keduanya tampil virtual di sebuah acara amal untuk petugas kesehatan yang memerangi pandemi.

Seiring dengan pengumuman perceraian, salah satu pendiri Microsoft yang merupakan satu di antara lima pasangan terkaya di dunia itu meminta publik menghargai privasi mereka.

“Kami terus berbagi keyakinan dalam misi itu dan akan melanjutkan pekerjaan kami bersama di yayasan, tetapi kami tidak lagi percaya kami dapat tumbuh bersama sebagai pasangan dalam fase kehidupan kami selanjutnya. Kami meminta ruang dan privasi untuk keluarga kami saat kami mulai menjalani kehidupan baru ini, ” tutur mereka seperti dikutip The Guardian, Selasa (4/5/2021).

Foto yang diunggah Melinda Gates di akun Twitter memperingati Hari Ayah, 17 Juni 2018. "Kita semua tahu dia  kutu buku. Tapi ada sesuatu yang mungkin tidak Anda ketahui tentang @Bill Gates: dia juga sangat lucu," tulis Melinda.
Foto yang diunggah Melinda Gates di akun Twitter memperingati Hari Ayah, 17 Juni 2018. "Kita semua tahu dia kutu buku. Tapi ada sesuatu yang mungkin tidak Anda ketahui tentang @Bill Gates: dia juga sangat lucu," tulis Melinda. / [email protected]

Gates Foundation

Bill, yang ikut mendirikan Microsoft pada 1975, sudah menjadi miliarder ketika pasangan itu menikah pada 1994. Mereka bertemu pada 1987, ketika Melinda bergabung dengan Microsoft sebagai product manager.

Sejak menikah di Hawaii pada 1994, pasangan ini telah menyumbangkan setidaknya AS$40 miliar kepada Bill and Melinda Gates Foundation, yang mendanai pendidikan teknologi informasi di AS, dan inisiatif perawatan kesehatan dan kemiskinan di seluruh dunia. Yayasan ini juga mendanai proyek skala besar yang menangani HIV dan malaria. Yayasan ini memiliki aset lebih dari AS$51 miliar, menurut pengajuan pajak.

The Gates Foundation adalah salah satu penyandang dana paling awal dan terbesar dalam penelitian vaksin dan perawatan untuk virus korona. Bill mengatakan dia siap menghabiskan miliaran untuk mencegah penyebaran virus itu.

“Akan ada beberapa miliar dolar yang akan kita buang untuk sesuatu yang tidak kita gunakan karena ada hal lain yang lebih baik. Tapi beberapa miliar dalam hal ini, situasi yang kita hadapi, di mana ada triliunan dolar ... hilang secara ekonomi, itu sangat berharga.”

Bill pernah berjanji untuk membangun tradisi filantropi yang luar biasa, yang dapat membantu dunia menjadi tempat yang jauh lebih baik. Dalam wawancara dengan ITV's This Morning pada tahun 2016, ia mengungkapkan bahwa memberi anak-anaknya banyak uang tidak akan bisa menolong orang banyak.

“Itu mendistorsi apa pun yang mungkin mereka lakukan, menciptakan jalan mereka sendiri. Uang ini didedikasikan untuk membantu yang paling miskin. Mereka tahu bahwa, mereka bangga akan hal itu, mereka melakukan perjalanan bersama kami untuk melihat pekerjaan yang telah diselesaikan,” katanya saat itu.

Sementara itu, pada 2019, Melinda Gates pernah membocorkan bahwa pernikahan mereka sangat sulit. Sebab, Bill selalu bekerja 16 jam sehari, dan merasa sulit untuk menyediakan waktu untuk keluarga. “Percayalah, saya dapat mengingat beberapa hari yang sangat sulit dalam pernikahan kami di mana Anda berpikir, 'Bisakah saya melakukan ini?'” katanya dalam sebuah wawancara dengan Sunday Times pada tahun 2019, menandai ulang tahun pernikahan mereka ke-25 saat itu.

Belakangan, pada Maret 2020, Bill Gates mengundurkan diri dari Dewan Direksi Microsoft dan Berkshire Hathaway untuk mendedikasikan lebih banyak waktu untuk prioritas filantropisnya, termasuk bekerja untuk mengatasi perubahan iklim.

Perceraian termahal

Pengumuman perceraian pasangan yang selalu tampak harmonis ini adalah perceraian kedua di antara orang-orang super kaya dalam beberapa tahun terakhir. Sebelumnya, dua tahun lalu, CEO Amazon Jeff Bezos juga mengumumkan perpisahan dengan istrinya, MacKenzie Scott.

Perceraian bos Amazon itu menjadikan MacKenzie Scott wanita terkaya keempat di dunia, dengan kekayaan senilai AS$38 miliar. Scott telah berjanji untuk memberikan semua kekayaannya, dan memberikan hampir AS$6 miliar pada tahun lalu. Jumlah ini dianggap sebagai sumbangan terbesar yang pernah diberikan dalam satu tahun.

Bill dan Jeff Bezos sama-sama orang terkaya di dunia, dan Amazon serta Microsoft bersaing dalam bisnis komputasi awan. Namun, catatan BBC, Bezos adalah satu-satunya anggota lima orang terkaya di AS yang tidak menandatangani Giving Pledge yang diinisiasi Bill Gates dan Warren Buffett, untuk memberikan setidaknya setengah dari kekayaannya.

Bill Gates – Melinda Gates

· William Henry Gates III lahir pada 28 Oktober 1955

· Melinda Ann French lahir 15 Agustus 1964

· Kekayaan bersih : AS$ 130,5 miliar (per 5/3/21).

· Bersama istrinya Melinda, Bill Gates mengetuai Bill & Melinda Gates Foundation, yayasan amal swasta terbesar di dunia. Yayasan ini bekerja untuk meningkatkan kesehatan global dan menciptakan kesempatan yang sama bagi orang-orang di seluruh dunia.

· Pada Mei 2020, Gates Foundation mengumumkan akan menghabiskan AS$300 juta untuk memerangi pandemi virus korona, mendanai perawatan, deteksi, dan vaksin.

· Gates telah menjual atau memberikan sebagian besar sahamnya di Microsoft - dia memiliki lebih dari 1 persen saham - dan berinvestasi dalam campuran saham dan aset lainnya.

· Pada pertengahan Maret 2020, Gates mengundurkan diri sebagai anggota dewan direksi Microsoft, firma perangkat lunak yang ia dirikan bersama Paul Allen (wafat 2018) pada tahun 1975.

· Sampai saat ini, Gates telah mendonasikan saham Microsoft senilai AS$35,8 miliar kepada Gates Foundation.

Sumber: FORBES