Lokadata.ID

Bluebird beri jaminan ketersediaan layanan selama PSBB Jakarta

Ilustrasi Bluebird
Ilustrasi Bluebird Bluebird

Aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali diberlakukan oleh Pemerintahan Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta per 14 September 2020. Menindaklanjuti aturan tersebut, PT Blue Bird Tbk. mengutarakan kesiapannya dalam memperluas jangkauan layanan.

Sejalan dengan komitmen perusahaan sebagai penyedia transportasi yang dapat diandalkan, Bluebird ingin menjadi garda terdepan dalam memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat dalam berbagai situasi dan kondisi, khususnya dalam situasi pandemi Covid-19.

General Manager of Corporate Communications PT Blue Bird Tbk, Aninda Perdana mengatakan, di tengah situasi pemberlakuan kembali PSBB di Jakarta, Bluebird melihat masyarakat memiliki keharusan untuk tetap bepergian di luar rumah, baik tuntutan pekerjaan atau urusan lain.

“Oleh karena itu, kami di Bluebird telah melakukan koordinasi secara internal dalam memastikan SOP protokol kesehatan maupun kesiapan jumlah armada siap sedia dalam memenuhi kebutuhan tersebut”, ujar Aninda.

Lebih lanjut, Aninda berkomitmen bahwa layanan Bluebird Group akan mengikuti kebijakan yang telah dan akan diatur pemerintah, termasuk perihal Pembatasan Kapasitas Angkut Sarana Angkutan dan Pengaturan Posisi Duduk Penumpang yang tertera pada Surat Keputusan Nomor 156 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Bidang Transportasi.

“Perusahaan telah menyosialisasi kepada para pengemudi mengenai jumlah batasan penumpang. Armada berjenis sedan maksimal 2 penumpang di belakang, sedangkan armada berjenis MPV dapat mengangkut 3 penumpang, 2 penumpang di baris kedua dan 1 penumpang di baris ketiga,” pungkas Aninda.

Penerapan protokol kesehatan dan maksimalkan pelayanan

Demi memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang, Bluebird telah menerapkan protokol kesehatan sebagai salah satu prioritas utama sebagai antisipasi penyebaran virus korona.

Aninda menjelaskan bahwa serangkaian tindakan preventif telah dilakukan, mulai dari pembersihan armada secara menyeluruh sebelum dan sesudah beroperasi, pengecekan kondisi pengemudi secara teratur guna memastikan mereka fit ketika beroperasi, serta penyediaan hand sanitizer di armada.

Selain itu, Bluebird menyediakan fasilitas JPK3 (Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Karyawan dan Keluarga) yang tersedia di masing-masing klinik pool. Penanganan JPK3 ini merupakan fasilitas gratis untuk memastikan kondisi pengemudi selalu fit saat melayani pelanggan.

Tak sebatas protokol kesehatan, sebelumnya Bluebird juga sudah menyediakan layanan logistik yaitu BirdKirim pada Maret 2020. Layanan tersebut bisa menjadi solusi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti bahan makanan, rumah tangga, pengiriman barang, dan lain-lain.

“Layanan ini terbukti menjadi salah satu solusi saat PSBB pertama kali berjalan di Maret lalu. Tentu kami berharap layanan BirdKirim dapat kembali menjadi andalan masyarakat,” imbuh Aninda.

Sebagai tambahan, Aninda menginformasikan bahwa saat ini Bigbird dan Goldenbird telah menjadi opsi bagi perusahaan-perusahaan dalam menyediakan transportasi bagi para karyawan.

“Opsi shuttle Bigbird dan Goldenbird merupakan salah satu alternatif bagi masyarakat maupun karyawan perusahaan yang memiliki perhatian khusus terhadap transportasi umum yang aman, nyaman, sesuai protokol kesehatan dengan maksimal,” tutup Aninda.