Lokadata.ID

Bukan cuma mobil dan motor, sepeda juga wajib masuk SPT

Pelanggan mengamati produk-produk sepeda impor asal Inggris  di Jakarta,  (2/9/2020).
Pelanggan mengamati produk-produk sepeda impor asal Inggris di Jakarta, (2/9/2020). Aditya Pradana Putra / ANTARA FOTO

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan mengingatkan masyarakat untuk memasukkan sepeda dalam daftar aset di Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan atau SPT pada tahun pajak 2020.

"KawanPajak, jika memiliki sepeda, baik untuk alat transportasi, olahraga, atau hobi, silakan memasukkannya ke dalam daftar harta di SPT Tahunan dengan kode harta 041. Selamat bersepeda di akhir pekan dan sehat selalu," tulis Ditjen Pajak dalam akun twitter seperti dikutip Kontan, Senin (22/2/2021).

Saat pandemi ini, sepeda jadi barang yang banyak dicari dan dibeli masyarakat kelas menengah atas. Tidak tanggung-tanggung, mereka membelanjakan uang sampai ratusan juta rupiah untuk membeli sepeda merek terkenal.

Kategori besar harta-harta yang perlu dilaporkan di dalam SPT Tahunan yakni harta dalam bentuk kas dan setara kas, piutang, investasi, alat transportasi, harta bergerak lainnya, dan harta tidak bergerak.

"Sub kategorinya secara spesifik menyebutkan uang tunai dan tabungan saham, obligasi, surat utang, reksadana, sepeda motor , mobil, logam mulia, peralatan elektronik, serta tanah dan bangunan," kata Ditjen Pajak.

Harta yang dilaporkan dalam SPT adalah barang yang bersumber dari penghasilan dan tidak habis dikonsumsi. Pengeluaran untuk konsumsi misalnya yakni makan, minum, kebersihan, listrik, air, dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Kemudian juga biaya sekolah serta biaya perawatan kendaraan tidak termasuk yang dilaporkan.

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan menetapkan batas akhir untuk pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan PPh Tahun Pajak 2020 bagi wajib pajak orang pribadi yaitu pada akhir Maret 2021.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas DJP, Hestu Yoga Saksama, mengatakan wajib pajak sudah bisa melaporkan SPT tahunan mereka. Semakin cepat, maka akan lebih baik.

"Kita berharap semakin awal maka semakin baik untuk orang pribadi dan badan, meski batas akhirnya berbeda. Untuk orang pribadi batas akhirnya 31 Maret," tuturnya kepada Liputan6.com .

Hestu pun memperkirakan jumlah wajib pajak yang melaporkan SPT pada tahun ini akan mengalami kenaikan. Untuk tahun lalu, jumlah wajib pajak sebanyak 19 juta dan target DJP 80 persen yang menyampaikan SPT.

Ringkasan

  • Direktorat Jenderal Pajak memasukkan sepeda ke dalam daftar harta yang wajib disampaikan dalam Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) 2020.
  • Salah satunya adalah melaporkan kepemilikan sepeda, baik untuk koleksi maupun transportasi.
  • Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno mengatakan, sepeda yang layak dikenakan pajak yakni sepeda dengan kategori sepeda mahal.
  • Artikel mengenai ketentuan tentang pelaporan sepeda dalam SPT menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca.
  • Baik itu objek pajak dan atau bukan objek pajak, dan kewajiban dan kewajiban sesuai dengan peraturan peraturan-undangan yang bidang perpajakan.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh detik.com dengan 3 pemberitaan, diikuti peringkat kedua liputan6.com dan kontan.co.id dengan 2 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 19:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 12:00 WIB dengan total 3 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh liputan6.com dengan 33 interaksi, diikuti peringkat kedua detik.com dengan 27 interaksi. Selanjutnya cakaplah.com dengan 2 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.