Lokadata.ID

Daftar orang terkaya Forbes 2021, 2 warga Indonesia di 100 besar

Jeff Bezos, pendiri Amazon, dan pasangannya Lauren Sanchez berpose di depan Taj Mahal di Agra, India,  (21/1/2020).
Jeff Bezos, pendiri Amazon, dan pasangannya Lauren Sanchez berpose di depan Taj Mahal di Agra, India, (21/1/2020). Stringer / ANTARA FOTO/REUTERS

Forbes merilis 2.755 nama miliarder yang masuk dalam jajaran manusia paling tajir di Bumi tahun ini. Jumlah orang terkaya pada 2021 ini lebih banyak 660 orang dibanding tahun lalu. Sebanyak 493 nama di antaranya adalah pendatang baru. Sebaliknya, 250 orang lainnya tergusur dari daftar orang terkaya.

“Selama tahun pandemi, penawaran umum cepat, lonjakan cryptocurrency dan meroketnya harga saham membuat 86 persen orang terkaya di dunia menjadi lebih kaya daripada tahun lalu. Secara keseluruhan, mereka memiliki kejayaan AS$13,1 triliun, naik dari AS$8 triliun pada daftar tahun 2020,” demikian penjelasan Forbes pada pengumuman, Selasa (6/4/2021), seperti dikutip CBS News.

Tahun ini, Forbes mencatat ada rekor tertinggi 493 pendatang baru dalam daftar. Artinya, kira-kira ada satu miliarder baru setiap 17 jam, termasuk 210 orang dari Cina dan Hong Kong, serta 98 miliarder baru dari AS.

Di antara 493 miliarder baru yang membuat daftar tahun ini, setidaknya 40 menjadi kaya dari perusahaan yang terlibat dalam memerangi Covid-19, seperti Stéphane Bancel dari Moderna dan Uğur Şahin dari BioNTech. Selain dari pengembang vaksin ini, yang lain menghasilkan uang dengan memproduksi peralatan pelindung pribadi dan tes Covid-19, serta mengembangkan perangkat lunak yang membantu pihak berwenang menjadwalkan kampanye vaksinasi.

Dua pengusaha Indonesia termasuk di antara pendatang baru itu, yakni Jerry Ng dan Susanto Suwarto. Jerry, yang merupakan pemilik Bank Jago, berada di posisi ke-1.249 dengan kekayaan AS$2,5 miliar.

Susanto, pemilik Emtek, berada di posisi ke-2.524 bersama bos MNC Harry Tanoesoedibjo dengan kekayaan AS$1,1 miliar.

CNBC menyebut dua pengusaha Indonesia bertahan di 100 besar, yakni bos Djarum Budi dan Michael Hartono, masing-masing di posisi ke-86 dan ke-89.

Pendatang baru terkaya


Posisi teratas kembali jatuh ke tangan Jeff Bezos, yang menurut Forbes memiliki kekayaan bersih senilai AS$177 miliar, naik AS$ 64 miliar dari tahun lalu karena saham Amazon melonjak. Pendiri Amazon ini telah empat tahun berturut-turut menduduki posisi orang terkaya di dunia versi Forbes.

Menyusul di posisi kedua adalah bos SpaceX dan Tesla, Elon Musk yang memiliki kekayaan bersih AS$151 miliar. Harta Musk naik AS$126,4 miliar lebih banyak dari tahun lalu, ketika dia berada di peringkat No. 31 dengan kekayaan yang baru sebanyak AS$24,6 miliar. Alasan utamanya jelas, kenaikan saham TSLA yang mencapai 705 persen.

Adapun kursi ketiga milik Bernard Arnault dan keluarganya, yang memiliki kekayaan bersih AS$150 miliar. Arnault mengawasi kerajaan mode yang berbasis di Prancis, LVMH, yang mencakup merek-merek seperti Louis Vuitton dan Sephora.

Delapan dari 10 miliarder teratas di dunia itu berasal dari Amerika Serikat - termasuk Bill Gates dari Microsoft (No. 4); Mark Zuckerberg dari Facebook (5); Warren Buffet dari Berkshire Hathaway (6); Larry Ellison dari Oracle (7); Larry Page (8) dan Sergey Brin (9) dari Google.

Sementara posisi kesepuluh jatuh ke tangan Mukesh Ambani, bos Reliance Industries India. Ambani yang menjalankan bisnis di bidang petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi, dan ritel memiliki kekayaan bersih AS$84,5 miliar.

Perempuan terkaya yang masuk dalam daftar adalah Francoise Bettencourt Meyers di posisi ke-12. Cucu pendiri L'Oreal ini, memiliki kekayaan sebesar AS$73,6 miliar.

Nama MacKenzie Scott, yang cerai dengan Jeff Bezos pada 2019, menjadi wanita terkaya ketiga. Kekayaan bersihnya senilai AS$53 miliar diperoleh dari Amazon. Forbes menyebutkan, dia memberikan AS$5,8 miliar sebagai hibah kepada 500 organisasi nirlaba di seluruh AS selama pandemi. Filantropinya mendukung kesetaraan ras, hak LGBT, dan organisasi kesehatan masyarakat.

Miliarder termuda

Kevin David Lehmann, yang baru berusia 18 tahun, menjadi miliarder termuda dalam daftar orang terkaya Forbes 2021. Pemilik kekayaan senilai AS$3 miliar ini berada di urutan ke-925. Ia adalah pewaris jaringan apotek dan toko obat terbesar di Jerman.

Beberapa wajah terkenal juga masuk daftar: Kanye West masuk di 1.750 dalam daftar. Pengusaha dan musisi ini memiliki kekayaan bersih AS$1,8 miliar, menurut Forbes. Sedangkan mantan istrinya, Kim Kardashian, ada di urutan 2.674 dengan kekayaan AS$1 miliar.

Amerika Serikat kembali dinobatkan sebagai negara yang memiliki miliarder paling banyak di dunia, dengan 724 orang (naik dari 614 tahun lalu). Cina menutup kesenjangan dengan 698 orang (termasuk 71 dari Hong Kong dan 1 dari Makau).

Dari Jepang, Japan Times melaporkan bahwa Masayoshi Son, CEO perusahaan investasi teknologi SoftBank Group Corp., menjadi orang Jepang terkaya dalam daftar miliarder Forbes. Son berada di peringkat ke-29 di antara orang terkaya di dunia, dengan kekayaan bersih AS$45,4 miliar.

Son diikuti Tadashi Yanai, CEO Fast Retailing Co., operator toko pakaian kasual Uniqlo. Kekayaan orang terkaya ke-31 di dunia ini mencapai AS$44,1 miliar.