Lokadata.ID

DKPP pecat Ketua KPU RI, Arief Budiman

Ketua KPU  Arief Budiman saat sosialisasi penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) di kantor KPU, Jakarta, (7/12/2020).
Ketua KPU Arief Budiman saat sosialisasi penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) di kantor KPU, Jakarta, (7/12/2020). Indrianto Eko Suwarso / ANTARA FOTO

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memberhentikan Arief Budiman dari jabatan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Keputusan ini diambil dalam sidang etik di Jakarta, Rabu (13/1/2021).

"Menjatuhkan sanksi peringatan keras terakhir dan pemberhentian dari jabatan Ketua KPU kepada teradu Arief Budiman selaku Ketua KPU RI," kata Ketua DKPP Muhammad, dalam sidang putusan yang ditayangkan YouTube DKPP seperti dikutip IDNTimes.

DKPP menganggap Arief melanggar kode etik karena hadir dan mendampingi Komisioner KPU Evi Novida Ginting mengajukan gugatan pemberhentian dirinya oleh DKPP ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Dugaan pelanggaran oleh Arief diadukan seorang pengusaha bernama Jupri. Arief juga diduga melampaui kewenangannya dengan menerbitkan surat KPU RI Nomor 665/SDM.13.SD/05/KPU/VIII/2020 tanggal 18 Agustus 2020 tentang pengaktifan kembali Evi sebagai komisioner KPU.

Sebelumnya Arief menyatakan, kehadirannya di PTUN adalah sebagai pribadi untuk memberikan dukungan moral pada Evi, yang merupakan koleganya.

Ringkasan

  • Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memutuskan pemberhentian Arief Budiman dari posisi Ketua KPU RI, Rabu (13/1).
  • Putusan DKPP terkait kehadiran Arief saat Komisioner KPU Evi Novida Ginting menggugat pemberhentiannya ke PTUN Jakarta.
  • Arief telah menyatakan kehadirannya merupakan bentuk dukungan pribadi terhadap Evi Novida.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dan netizenku.com dengan 2 pemberitaan, diikuti peringkat kedua detik.com dengan 2 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 15:00 hingga 22:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 16:00 WIB dengan total 5 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh detik.com dengan 196 interaksi, diikuti peringkat kedua tribunnews.com dengan 68 interaksi. Selanjutnya idntimes.com dengan 26 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.