Lokadata.ID

Dua remaja peretas situs Setkab ditangkap polisi di Sumbar

 Tampilan website Setkab ketika dibajak (31/7/2021)
Tampilan website Setkab ketika dibajak (31/7/2021) Robotorial / Detik.com

Polisi berhasil menangkap tersangka peretas situs resmi Sekretariat Kabinet setkab.go.id. Dua remaja itu ditangkap polisi di Padang dan Dharmasraya, Jumat (6/8/2021).

Kepala Biro Penmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono, mengatakan, BS alias ZYY baru berumur 18 tahun, sedangkan tersangka lain MLA masih 17 tahun.

“Motifnya mengubah tampilan web tidak sebagaimana mestinya sehingga web tidak dapat digunakan semestinya. Sedangkan motif ekonomi sedang didalami oleh penyidik,” kata Rusdi Hartono seperti dikutip Jawa Pos dan Tribratanews Polri, Minggu (8/8/2021).

Atas perbuatannya, kedua tersangka dijerat dengan Pasal 46 ayat (1) ayat (2) dan ayat (3) Jo Pasal 30 ayat (1) ayat (2) ayat (3), Pasal 48 ayat (1) Jo Pasal 32 ayat (1), Pasal 49 Jo Pasal 33 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Situs setkab.go.id menginformasikan kegiatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Situs tersebut diretas sekitar pukul 09.00 WIB, Sabtu (31/7/2021) lalu. Laman resmi tersebut mendadak menampilkan foto seorang demonstran yang tengah memegang Bendera Merah Putih. Pelaku menggunakan nama Zyy ft Lutfifake. Tampilan website itu berhasil dipulihkan sekitar pukul 14.00 WIB, demikian Detik.


BS (18) alias Zyy dan MLA (17) alias Lutfifakee kepada petugas, mengaku sudah meretas 650 website. Keduanya biasa menyasar website perusahaan atau pemerintahan.

"Pelaku yang tergabung dalam komunitas Padang BlackHat ini mengakui sudah melakukan peretasan terhadap 650 website. Rata-rata menyasar situs perusahaan dan situs pemerintah," kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Slamet Uliandi dalam keterangan tertulis, Minggu, 8 Agustus 2021 seperti dikutip Reqnews

Ringkasan

  • Polisi berhasil menangkap tersangka peretas situs resmi Sekretariat Kabinet setkab.go.id.
  • Dua remaja itu ditangkap polisi di Padang dan Dharmasraya, Jumat (6/8/2021).
  • Situs setkab.go.id menginformasikan kegiatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para menteri Kabinet Indonesia Maju.
  • BS (18) alias Zyy dan MLA (17) alias Lutfifakee kepada petugas, mengaku sudah meretas 650 website. Keduanya biasa menyasar website perusahaan atau pemerintahan.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 4 pemberitaan, diikuti peringkat kedua detik.com dengan 3 pemberitaan. selanjutnya tempo.co dengan 2 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 20:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 16:00 WIB dengan total 7 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh cnnindonesia.com dengan 320 interaksi, diikuti peringkat kedua indozone.id dengan 225 interaksi. Selanjutnya beritaminang.com dengan 210 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.