Lokadata.ID

Dukung UMKM, Lazada tutup akses fashion, kerajinan dan makanan impor

Ilustrasi: perajin melihat stok kerajinan aksesori koginsashi miliknya pada aplikasi jual beli  di Depok, Jawa Barat, Minggu (1/8/2021).
Ilustrasi: perajin melihat stok kerajinan aksesori koginsashi miliknya pada aplikasi jual beli di Depok, Jawa Barat, Minggu (1/8/2021). Asprilla Dwi Adha / ANTARA FOTO

Lazada menutup akses impor 3 klaster nasional, yaitu tekstil dan fesyen, kuliner, serta kerajinan melalui Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Indonesia.

Head of Public Affairs and Public Policy Lazada Indonesia Waizly Darwin mengatakan bahwa kebijakan ini diambil sebagai upaya untuk mendukung dan memberdayakan UMKM lokal Indonesia.

“Kami selalu memantau, mengkaji ulang serta memutakhirkan kebijakan di platform kami, khususnya untuk penjualan cross-border agar tetap relevan dan sesuai dengan kebijakan dan peraturan pemerintah," katanya seperti dikutip Bisnis, Rabu (4/8/2021).

Penutupan akses impor di beberapa klaster besar ini salah satu inisiatif yang telah dilakukan secara berkala sepanjang pandemi demi melindungi UMKM Indonesia dan membantu mereka bertahan di situasi sulit ini, katanya.

Upaya ini mendapat sambutan pemerintah. "Saya mengapresiasi Gerakan AKAR Indonesia yang digerakkan oleh Lazada. Saya kira ini keberpihakan Lazada dalam mengembangkan UMKM di Indonesia," kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam konferensi pers, Selasa (3/8/2021) seperti dikutip Merdeka.

Dia berharap, langkah yang dilakukan Lazada bisa menginspirasi seluruh stakeholder ekonomi digital di tanah air, agar dapat mengambil peran aktif dalam mentransformasi digital UMKM Indonesia.

Adanya Gerakan AKAR Indonesia ini bisa mewujudkan target Pemerintah supaya 30 juta UMKM bisa terhubung dengan ekosistem digital di tahun 2021. Saat ini baru sekitar 13,7 juta UMKM saja yang terhubung.

Menurut dia, transformasi digital bukan hanya untuk mendorong UMKM masuk ke platform digital. Tapi Pemerintah memiliki pendekatan yang komprehensif yaitu berbasis ekosistem, supaya lebih efektif dan memastikan UMKM Indonesia bisa bertransformasi secara utuh.

"Artinya dia bisa masuk onboarding bertahan lama di situ dan bisa semakin produktif. Banyak yang sudah onboarding tapi kapasitas produksinya terbatas dan kualitasnya tidak bisa berdaya saing maka tidak tahan lama," ujarnya.

Dukung UMKM, Lazada Tutup Akses Impor, Lazada Berpihak pada UMKM Indonesia
Dukung UMKM, Lazada Tutup Akses Impor, Lazada Berpihak pada UMKM Indonesia Robotorial / lokadata.id

Ringkasan

  • Head of Public Affairs and Public Policy Lazada Indonesia Waizly Darwin mengatakan inisiatif tersebut sudah sejak lama berkomitmen mendukung dan memberdayakan UMKM lokal Indonesia.
  • Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, gerakan AKAR yang diinisiasi oleh Lazada memberi kabar baik bagi pelaku usaha di Indonesia.
  • Kebijakan ini telah dilakukan secara bertahap selama masa pandemi berlangsung satu tahun terakhir melalui Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (Akar) Indonesia.
  • Lebih lanjut, Teten berpendapat bahwa transformasi digital bukan hanya untuk mendorong UMKM masuk ke platform digital.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh merdeka.com dengan 5 pemberitaan, diikuti peringkat kedua mnews.co.id dan industry.co.id dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 09:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 03:00 WIB dengan total 3 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh bisnis.com dengan 48 interaksi, diikuti peringkat kedua industry.co.id dengan 0 interaksi. Selanjutnya merdeka.com dengan 0 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.