Lokadata.ID

Erick rombak direksi PGN: Suko Hartono diberhentikan, staf khusus Jokowi komisaris

Ilustrasi: Warga menunjukkan cara pembayaran gas PGN secara daring melalui aplikasi di kawasan Depok Timur, Jawa Barat,  Rabu (21/4/2021).
Ilustrasi: Warga menunjukkan cara pembayaran gas PGN secara daring melalui aplikasi di kawasan Depok Timur, Jawa Barat, Rabu (21/4/2021). Yulius Satria Wijaya / ANTARA FOTO

Menteri Negara BUMN, Erick Thohir, merombak susunan direksi dan komisaris PT Perusahaan Gas Negara (PGN). CNBC Indonesia menurunkan berita berjudul Erick Rombak Direksi PGN, Saat Kinerja Sedang Moncer karena pergantian dilakukan setelah PGN mencatat laba bersih di kuartal I-2021 sebesar AS$61,57 juta atau setara dengan Rp870 miliar, naik 29 persen dari periode yang sama tahun lalu AS$47,77 juta.

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PGN, Senin (03/05/2021), memutuskan mengganti direktur utama dan beberapa direksi. Keputusan RUPST menetapkan memberhentikan Suko Hartono dari jabatan dirut dan mengangkat Muhammad Haryo Yunianto sebagai penggantinya.

Selain itu, RUPST juga memutuskan memberhentikan sejumlah direksi, antara lain Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis yang dijabat oleh Syahrial Mukhtar, Direktur Keuangan Arie Nobelta Kaban, dan Direktur Infrastruktur dan Teknologi Redy Ferryanto.

Heru Setiawan, mantan Direktur Pertamina menjadi Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis, Fadjar Harianto Widodo sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko, dan Achmad Muchtasyar sebagai Direktur Infrastruktur dan Teknologi.

Direktur Komersial Faris Aziz dan Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Beni Syarif Hidayat tetap berada di dewan direksi dengan tambahan nomenklatur, yakni Faris Aziz sebagai Direktur Sales dan Operasi, dan Beni Syarif Hidayat sebagai Direktur SDM dan Penunjang Bisnis.

Staf khusus Jokowi

Salah satu Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi), Dini Shanti Purwono, diangkat menjadi Komisaris Independen PGN. Ia menggantikan Kiswo Darmawan.

Berlatar pendidikan hukum, Dini telah ditunjuk menjadi Stafsus Jokowi sejak 21 November 2019 lalu. Ia juga seorang kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan pernah mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah I (Semarang, Kabupaten Semarang, Kendal, dan Salatiga).

Lulusan Fakultas Hukum UI, 1997, dan master hukum Universitas Harvard ini, pernah menjadi pengacara dan konsultan hukum.

Susunan Komisaris

1. Komisaris Utama : Arcandra Tahar
2. Komisaris : Lucky Afirman
3. Komisaris : Warih Sadono
4. Komisaris Independen : Christian H. Siboro
5 Komisaris Independen : Dini Shanti Purwono
6. Komisaris Independen : Paiman Raharjo

Susunan Direksi

1. Direktur Utama : Muhammad Haryo Yunianto
2. Direktur Infrastruktur dan Teknologi : Achmad Muchtasyar
3. Direktur Sales dan Operasi : Faris Azis
4. Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko : Fadjar Harianto Widodo
5. Direktur SDM dan Penunjang Bisnis : Beni Syarif Hidayat
6. Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis : Heru Setiawan

Ringkasan

  • Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) menyetujui pengangkatan Muhammad Haryo Yunianto menggantikan Suko Hartono sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN).
  • Dedi Sunardi ditetapkan sebagai Direktur Penunjang Bisnis Pertamina.
  • Susunan Direksi baru Pertamina tersebut tertuang dalam Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-
  • 142/MBU/05/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Direksi Perseroan (Persero) PT Pertamina yang ditandatangani pada Senin, 3 Mei 2021.
  • Pjs Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman menyampaikan bahwa sebagai salah satu kewenangan pemegang saham, RUPS telah menetapkan susunan direksi baru Pertamina.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tempo.co dan kontan.co.id dengan 3 pemberitaan, diikuti peringkat kedua cnnindonesia.com dengan 3 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 00:00 hingga 15:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 6 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh cnnindonesia.com dengan 196 interaksi, diikuti peringkat kedua cnbcindonesia.com dengan 25 interaksi. Selanjutnya kumparan.com dengan 11 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.