Lokadata.ID

Erika Retnowati, perempuan pertama di kursi Ketua BPH Migas

 Kepala BPH Migas Erika Retnowati
Kepala BPH Migas Erika Retnowati Robotorial / akamigas.ac.id

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif melantik Erika Retnowati sebagai Ketua Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) di Jakarta, Senin (9/8/2021).

Erika, yang lama berkarir di Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebelum masuk ke ESDM, adalah perempuan pertama yang memimpin BPH Migas.

Ia dipilih DPR menjadi ketua periode 2021-2025 menggantikan M Fanshurullah Asa yang pensiun, Juli lalu. Ia sebelumnya menjabat Kepala Biro Keuangan di Kementerian ESDM sejak 2015, demikian CNN Indonesia.

Sebelum pindah ke Kementerian ESDM, perempuan kelahiran Mataram, 20 Juli 1963 itu meniti karier di BPKP mulai 1985 setelah lulus dari Diploma IV PKN STAN. Ia pernah menjabat sebagai deputi pengawasan BUMN dan BUMD pada 1992-2001, hingga deputi pengawasan instansi pemerintah bidang perekonomian.

Ia melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Indonesia (UI) di jurusan Administrasi dan Kebijakan Perpajakan.

Menteri ESDM, Arifin Tasrif berpesan kepada jajaran pimpinan dan komite BPH Migas agar terus melakukan inovasi dan terobosan kebijakan karena tantangan yang dihadapi akan semakin besar.

"Saya berharap tugas, fungsi dan tanggung jawab BPH Migas dapat dijalankan dengan baik, mulai dari menyelesaikan isu-isu yang berkembang dengan program strategis yang tepat dan dapat dipertanggung jawabkan," ujarnya seperti dikutip Sindonews.

Arifin mengatakan, program Pendistribusian BBM ke seluruh wilayah NKRI merupakan hal yang mutlak dilakukan. Saat ini baru sekitar 42,7 persen kecamatan yang memiliki penyalur BBM.

Selain dengan melakukan akselerasi BBM satu harga, juga diperlukan terobosan untuk mempercepat ketersediaan penyalur BBM. Salah satunya dengan memberikan ruang bagi keterlibatan BUMD, UMKM maupun kelompok masyarakat setempat, melalui pengaturan dan fasilitasi yang tepat.

Selain Erika, 8 anggota Komite BPH Migas yang dilantik adalah Abdul Halim, Basuki Trikora Putra, Eman Salman Arief, Harya Adityawarman, Iwan Prasetya Adhi, Saleh Abdurrahman, Wahyudi Anas, dan Yapit Sapta Putra

Lantik Ketua Dan Anggota BPH Migas yang Baru Dilantik
Lantik Ketua Dan Anggota BPH Migas yang Baru Dilantik Robotorial / lokadata.id

Ringkasan

  • Jakarta,TAMBANG, Menteri ESDM Arifin Tasrif melantik dan mengambil sumpah Ketua dan Anggota Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian ESDM.
  • Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif meminta kepada Ketua dan Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) 2021-2025 segera menyelesaikan sejumlah isu strategis dalam industri hilir migas.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tambang.co.id dan sindonews.com dengan 1 pemberitaan, diikuti peringkat kedua bisnis.com dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 11:00 hingga 11:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 3 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh bisnis.com dengan 1 interaksi, diikuti peringkat kedua sindonews.com dengan 0 interaksi. Selanjutnya tambang.co.id dengan 0 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.