Lokadata.ID

Gagal balik ke Barcelona, Lionel Messi bukan lagi pemain bergaji terbesar

Ekspresi pemain Barcelona Lionel Messi usai kalah dari Celta Vigo 2-1 pada La Liga Santander di Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Minggu (16/5/2021).
Ekspresi pemain Barcelona Lionel Messi usai kalah dari Celta Vigo 2-1 pada La Liga Santander di Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Minggu (16/5/2021). Albert Gea / ANTARA FOTO/REUTERS

Status sebagai pemain dengan gaji terbesar di dunia otomatis tanggal dari Lionel Messi. Pembicaraan kontrak yang rumit membuat kapten tim nasional Barcelola batal kembali ke Barcelona.. Kontrak pemain berjuluk La Pulga (Si Kutu) ini sebetulnya sudah habis pada 30 Juni lalu.

Saat masih menjadi kapten Barcelona, Messi mendapatkan gaji 60,87 juta euro. Wikipedia bahkan menyebut gajinya 71 juta euro. Dengan gaji sebesar itu, pemain berusia 34 tahun itu merupakan pemain dengan gaji terbesar di dunia, mengalahkan pesaing utamanya Cristiano Ronaldo, atau bekas kompatriotnya Neymar Jr.

Tapi, itu sudah jadi cerita lalu. Jumat (6/8/2021) dini hari waktu Indonesia, manajemen Barcelona mengumumkan bahwa mereka batal merekrut kembali pemain yang telah memberikan 672 gol untuk Blaugrana, julukan tim Catalan itu. Padahal, presiden baru Barcelona Joan Laporta sebelumnya yakin bisa menarik kembali Messi ke Camp Nou.

Barcelona memang menghadapi masalah pelik. Pandemi membuat Barcelona kehilangan pendapatan 350 juta euro (Rp6,02 triliun). Karena itu, Otoritas La Liga memangkas batas pembayaran gaji (salary cap) menjadi hanya 347 juta euro. Tahun lalu, total gaji Barcelona mencapai 391,7 juta euro, 83 persen dari total pengeluarannya.

Untuk bisa merekrut kembali pemain yang sudah 17 musim membela Barcelona, manajemen harus menjual sejumlah pemain bergaji mahal tapi tak bertaji seperti Antoine Grizmann, Philippe Coutinho, Samuel Umtiti, Miralem Pjanic, dan Ousmane Dembele. Praktis, lima pemain itu tak pernah jadi pemain reguler Barcelona.

Total gaji lima pemain ini lumayan besar, yakni 93,4 juta euro. Messi, Grizmann, dan Coutinho merupakan tiga pemain dengan gaji terbesar di Barcelona. Masalahnya, hingga kini Barcelona belum berhasil menjual satu pun dari lima pemain tersebut. Sebagian karena tak mau dijual, sebagian karena tak ada peminatnya -faktor usia dan kinerja.

Batas transfer memang masih 2 September malam, tapi manajemen Barcelona rupanya tak bisa menyelesaikan negosiasi dengan Messi. Selain itu, negosiasi pemotongan gaji dengan pemain seperti Gerard Pique, Sergio Busquets, dan Jordi Alba juga belum memberikan hasil.

Namun, yang juga tak kalah penting adalah negosiasi dengan pengelola La Liga untuk meminta kenaikan salary cap gagal. Presiden La Liga Javier Tebas Medrano tak mau berkompromi dengan urusan salary cap. Walhasil, Messi kembali jadi pemain bebas. Masalahnya, tak banyak klub yang punya duit untuk merekrut Messi.

Ringkasan

  • Kejutan besar disampaikan Barcelona, terkait masa depan sang bintang, Lionel Messi.
  • Lionel Messi resmi tidak memperpanjang kontraknya bersama Barcelona.
  • Kontraknya sudah habis dan kontrak baru yang sudah disepakati oleh kedua belak pihak dipastikan tak mungkin terealisasi karena beban keuangan yang harus ditanggung Barcelona.
  • Tapi sebaliknya, Barcelona bukan mengumumkan kontrak baru bagi sang mega bintang Lionel Messi.
  • Beberapa laporan yakin kalau Messi akan bergabung kembali dengan Antoine Griezmann dkk sebelum Barcelona bertemu Juventus di Joan Gamper Trophy.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 15 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 5 pemberitaan. selanjutnya bola.net dengan 4 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 13:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 06:00 WIB dengan total 15 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh bola.net dengan 3158 interaksi, diikuti peringkat kedua kumparan.com dengan 781 interaksi. Selanjutnya gilabola.com dengan 617 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.