Lokadata.ID

Ganjil-genap kembali beroperasi pada 25 ruas jalan di Jakarta

Ilustrasi penerapan sistem ganjil genap di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Semanggi, Jakarta, Rabu (2/1/2019).
Ilustrasi penerapan sistem ganjil genap di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Semanggi, Jakarta, Rabu (2/1/2019). Dhemas Reviyanto / Antara Foto

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan terapkan kembali sistem ganjil genap (gage). Alasannya, masyarakat tidak tertib mengikuti aturan protokol kesehatan. Data pemprov menyebutkan volume lalu lintas di beberapa titik sudah di atas normal, bahkan melebihi sebelum pandemi.

Peningkatan volume lalu lintas di kawasan gage akibat kekhawatiran masyarakat menggunakan transportasi umum di tengah pandemi Covid-19. Volume lalu lintas pada PSBB transisi meningkat 1,47 persen di ruas jalan tertentu, dibandingkan dengan kondisi normal pada Februari 2020.

Kebijakan ganjil genap itu direncanakan kembali beroperasi pada 25 ruas jalan dengan periode waktu pagi pukul 06.00-10.00 WIB dan sore pukul 16.00-21.00 WIB, mulai Senin tanggal 3 Agustus 2020 mendatang.

Ringkasan

  • Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan kembali mengaktifkan kebijakan ganjil genap untuk kendaraan roda empat pada Senin, 3 Agustus 2020.
  • Kebajikan ini kembali diberlakukan setelah dinonaktifkan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar Jakarta di tengah pandemi Covid-19.
  • Kebijakan ini ditetapkan karena situasi lalu lintas selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi semakin meningkat.
  • Sementara untuk hari Sabtu-Minggu serta hari libur nasional, tidak akan diterapkan ganjil-genap.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dan kontan.co.id dengan 4 pemberitaan, diikuti peringkat kedua kompas.com dengan 4 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 01:00 hingga 21:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 20:00 WIB dengan total 8 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh kompas.com dengan 647 interaksi, diikuti peringkat kedua liputan6.com dengan 260 interaksi. Selanjutnya suara.com dengan 176 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.