Lokadata.ID

Greysia/Apriyani tiba di Tanah Air, bertemu Jokowi setelah karantina

Menpora Zainudin Amali  memberikan sambutan disaksikan ganda putri peraih medali emas Olimpiade Tokyo, Apriyani Rahayu (kanan) dan Greysia Polii (kiri) di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (4/8/2021).
Menpora Zainudin Amali memberikan sambutan disaksikan ganda putri peraih medali emas Olimpiade Tokyo, Apriyani Rahayu (kanan) dan Greysia Polii (kiri) di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (4/8/2021). Aditya Pradana Putra / ANTARA FOTO

Juara Olimpiade 2020 Greysia Polii dan Apriyani Rahayu tiba kembali di Tanah Air, Rabu malam (4/8/2021) bersama rombongan terakhir tim Indonesia. Tim Olimpiade akan diterima Presiden Jokowi di Istana setelah mereka menjalani karantina

Dalam rombongan terakhir yang dipimpin oleh Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk Olimpiade Tokyo Rosan P Roeslani itu juga ada peraih perunggu Anthony Sinisuka Ginting dan Praveen Jordan dari cabang bulu tangkis, sprinter Lalu Muhammad Zohri dan Alvin Tehupeiory, atlet menembak Vidya Rafika, serta lifter peraih medali perunggu Rahmat Erwin Abdullah dan lifter putri Nurul Akmal.

Kedatangan mereka disambut Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali di Bandara Soekarno-Hatta.

“Saya atas nama pemerintah, dan seluruh rakyat Indonesia, menyampaikan selamat datang kepada kontingen Indonesia. Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya terhadap perjuangan yang telah dilakukan, baik para atlet, pelatih, maupun tenaga pendukung, yang telah mengharumkan nama bangsa Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020,” kata Zainudin seperti dikutip Antaranews.

CdM Rosan menyampaikan bahwa seluruh atlet dan rombongan dalam kondisi sehat. Kendati demikian, ia juga mengaku bahwa Olimpiade Tokyo 2020 di era pandemi memang tidak mudah bagi para atlet dan ofisial.

“Selama dua pekan di sana atlet dan ofisial hanya boleh ada di kampung atlet, tempat bertanding dan tempat latihan. Mereka tidak diperbolehkan keluar bubble,” ujar Rosan.

“Tapi semangat para atlet tidak luntur sama sekali. Terbukti, kita bisa mempersembahkan satu medali emas, satu perak, dan tiga perunggu,” kata dia.

Setibanya di Indonesia, para atlet akan menjalani karantina delapan hari sesuai dengan aturan pemerintah tentang protokol kesehatan perjalanan internasional di era pandemi Covid-19.

Presiden Joko Widodo akan menerima langsung atlet-atlet Indonesia yang telah berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 di Istana setelah mereka menyelesaikan masa karantina selama delapan hari.


“Kontingen akan melakukan protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah dengan menjalani karantina,” kata Zainudin.

“Setelah itu akan ada lanjutan penyelenggaraan sambutan, dan insyaallah Bapak Presiden akan menerima langsung kedatangan kontingen Indonesia di Istana,” ujar dia menambahkan.

Kontingen Indonesia membawa pulang lima medali dari Olimpiade Tokyo 2020 yang berlangsung pada 23 Juli - 8 Agustus. Tiga medali pertama datang dari cabang angkat besi. Lifter belia Windy Cantika Aisah membuka perolehan medali Merah Putih dengan medali perunggu di kelas 49kg putri. Eko Yuli Irawan menyusul dengan medali perak di kelas 61kg putra, diikuti Rahmat Erwin Abdullah yang meraih perunggu dari kelas 73kg putra.

Medali emas direbut pasangan ganda putri Greysia/Apriyani. Anthony Sinisuka Ginting menambah medali perunggu Indonesia di nomor tunggal putra.

Dengan perolehan itu, Indonesia berada di urutan ke-43 pengumpulan medali.

Ringkasan

  • Juara Olimpiade 2020 Greysia Polii dan Apriyani Rahayu tiba kembali di Tanah Air, Rabu malam (4/8/2021) bersama rombongan terakhir tim Indonesia.
  • Tim Olimpiade akan diterima Presiden Jokowi di Istana setelah mereka menjalani karantina
  • Kontingen Indonesia membawa pulang lima medali dari Olimpiade Tokyo 2020 yang berlangsung pada 23 Juli - 8 Agustus 2021 terdiri atas 1 emas, 1 perak dan 3 perunggu.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh merdeka.com dengan 5 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 4 pemberitaan. selanjutnya detik.com dengan 2 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 11:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 01:00 WIB dengan total 5 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh detik.com dengan 816 interaksi, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 216 interaksi. Selanjutnya football5star.com dengan 46 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.