Lokadata.ID

Hewan piaraan terinfeksi Covid-19? Satgas: Tak menulari manusia

Arsip: Peserta menunjukkan kucing peliharaannya saat kontes kostum kucing bertema busana khas Bali di kawasan Kuta, Badung, Bali, Sabtu (26/10/2019).
Arsip: Peserta menunjukkan kucing peliharaannya saat kontes kostum kucing bertema busana khas Bali di kawasan Kuta, Badung, Bali, Sabtu (26/10/2019). Fikri Yusuf / ANTARA FOTO

Belum lama ini, 2 harimau Sumatera koleksi Kebun Binatang Ragunan positif Covid-19. Hal ini menimbulkan kekhawatiran virus korona bisa berjangkit ke hewan piaraan di rumah dan menularkannya pada manusia.

Data Office of International des Epizooties (OIE) selaku organisasi kesehatan hewan dunia, menyatakan secara global, saat ini tercatat 500 kasus pada 10 spesies di 30 negara.

“Penting untuk diketahui, sejauh ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan yang terinfeksi Covid-19 dapat menularkan virus ke manusia,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito seperti dikutip Jawa Pos, Rabu (4/6/2021)

Karena itu, kata dia, masyarakat yang memelihara hewan kesayangannya tidak perlu takut dan panik. Namun dihimbau untuk selalu merawat dan memenuhi kesejahteraan hewan peliharaan.

Para pemilik hewan yang dinyatakan positif, diminta tidak melakukan kontak dengan hewan. Lalu, pemilik hewan diminta untuk mengurangi kontak fisik hewan peliharaannya dengan orang yang belum mendapatkan vaksin.

“Dan pemilik hewan dianjurkan membawa hewan peliharaan ke dokter hewan apabila menunjukkan gejala,” jelasnya.

Kata pakar

Prof. Roostita.L.Balia, dari Program Studi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, mengatakan, fenomena ini tak perlu dikhawatirkan berlebihan.

Tetapi, harus tetap waspada terutama bagi pemilik hewan peliharaan, semisal anjing dan kucing.

"Kalau kita (pemilik hewan) sedang terpapar Covid (positif), sebaiknya ya tidak dekat-dekat atau tidur bersama hewan kesayangan. Tapi, tidak perlu harus dibuang karena terlalu takut," ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar, Rabu (4/8/2021).

Dia juga meminta kepada para pemelihara hewan untuk secara rutin memeriksakan hewan kesayangannya ke dokter hewan, guna memastikan hewan tersebut dalam keadaan baik-baik saja.

"Virus (korona) pada hewan dan manusia berbeda. Dan perlu ada penelitian khusus yang memastikan bahwa si hewan itu terpapar karena manusia. Yang jelas, para pemilik hewan peliharaan harus peduli pada hewannya dengan mengecek kesehatannya secara berkala dan juga memandikannya," ujarnya.

Ringkasan

  • Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, tidak ada bukti hewan bisa menularkan virus korona ke manusia.
  • Data Office of International des Epizooties (OIE) selaku organisasi kesehatan hewan dunia, menyatakan secara global, saat ini tercatat 500 kasus pada 10 spesies di 30 negara.
  • Pemilik hewan dianjurkan membawa hewan peliharaan ke dokter hewan apabila menunjukkan gejala

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 2 pemberitaan, diikuti peringkat kedua suarasurabaya.net dan reqnews.com dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 13:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 12:00 WIB dengan total 5 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh suarasurabaya.net dengan 725 interaksi, diikuti peringkat kedua jpnn.com dengan 422 interaksi. Selanjutnya jawapos.com dengan 18 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.