Lokadata.ID

Ikhtiar menyajikan informasi bergizi

Ilustrasi.
Ilustrasi. Lokadata / Lokadata

Pembaca yang budiman, selamat pagi

Seperti yang kami janjikan, awal Desember ini kami tampil dengan wajah baru. Kami mengubah nama dari Beritagar.id menjadi Lokadata.id, serta muncul dengan sajian yang lebih segar dan lebih mudah dicerna.

Mengapa Lokadata? Seperti tercermin dalam namanya, Lokadata merupakan ikhtiar kami untuk lebih memahami apa yang sedang terjadi, dan mengukur bagaimana dampaknya terhadap kehidupan kita. Dengan data, kami memiliki dasar yang lebih kuat dalam membangun perspektif terhadap sebuah peristiwa -- tidak lagi sekadar menduga-duga, atau melulu hanya bergantung pada narasumber berita.

Lokadata juga merupakan simbol semangat kami agar lebih terkini, lebih dekat dengan perkembangan zaman. Berkat teknologi, kini makin banyak data yang bisa dikumpulkan, dibaca, dan dianalisa oleh mesin atau kecerdasan buatan. Ini membantu kita memaknai berbagai data raksasa (big data), dan membuat keputusan penting agar kita hidup lebih baik, lebih sehat dan lebih menyenangkan.

Bersama Lokadata, kami juga ingin terlibat aktif dalam upaya membangun saling pengertian, dengan cara menyajikan hasil-hasil pengukuran dan observasi yang obyektif serta netral. Dengan data, kita memiliki ukuran untuk menera sebuah capaian, menilai kinerja birokrasi, pejabat publik, menguji mitos atau melawan stereotyping.

Para pembaca yang budiman,

Perubahan nama ini sekaligus mencerminkan keinginan kami agar berbagai persoalan publik yang kompleks lebih mudah dicerna oleh khalayak yang lebih luas. Kami akan sekuat tenaga mencari cara terbaik agar sebuah cerita sampai ke pembaca --bisa dalam bentuk gambar, infografik, atau video-- tidak harus dengan teks.

Bersama wajah baru ini, beberapa sajian lama yang selama ini menjadi ciri Beritagar akan hadir kembali. Anda akan menemukan lagi rubrik Bincang dan Laporan Khas, yang beberapa pekan terakhir absen.

Kami berharap, semua upaya tersebut dapat memenuhi kebutuhan pembaca pada sumber informasi yang akurat, mendalam dan bergizi.

Selamat menikmati.

Salam.