Lokadata.ID

Infografik: Data pribadi Anda bisa terancam

Lebih dari  1.200 lembaga dapat mengakses data Anda atas izin Kemendagri. Bagaimana dengan peluang penyalahgunaan?
Lebih dari 1.200 lembaga dapat mengakses data Anda atas izin Kemendagri. Bagaimana dengan peluang penyalahgunaan? Bagus Triwibowo / Beritagar.id

Bank dan hotel selalu meminjam KTP atau SIM Anda untuk mereka pindai. Prosesnya diawali tetap muka untuk permisi. Orang bank dan hotel akan mencocokkan data secara manual — biasanya bank lebih ketat, tak memeriksa sekilas.

Akan tetapi ketika Anda mendaftarkan nomor ponsel baru, tanpa tatap muka, dan memasukkan nomor KTP maupun KK secara ngawur, maka proses akan terhenti.

Hal sama berlaku saat Anda mengajukan pinjaman kepada perusahaan teknologi finansial (tekfin) melalui ponsel. Jangan sembarangan mengetikkan angka. Sistem mereka akan menolak. Apalagi mereka meminta Anda berswafoto sambil memegang KTP yang harus terbaca.

Data diri Anda sebagai penduduk ada dalam sistem mereka, bahkan sebelum Anda mendaftar, karena ada 1.227 lembaga yang dapat menggunakan data kependudukan dan pencatatan sipil atas konsesi Kementerian Dalam Negeri.

Pekan sebelumnya sampai pekan ini persoalan privasi tetap mengemuka. Bagaimana pemerintah harus melindungi privasi warga, sila baca artikel ihwal ancaman terhadap privasi warga.