Lokadata.ID

Infografik: Hujan bonus untuk Greysia/Apriyani

Berhasil boyong medali emas di partai final ganda putri Olimpiade 2020, Greysia/Apriyani tuai apresiasi berupa aneka hadiah. Ada yang menawarkan kopi cuma-cuma seumur hidup hingga rumah.
Berhasil boyong medali emas di partai final ganda putri Olimpiade 2020, Greysia/Apriyani tuai apresiasi berupa aneka hadiah. Ada yang menawarkan kopi cuma-cuma seumur hidup hingga rumah. Anindita & Gary / Lokadata.id

HADIAH | Greysia Polii dan Apriyani Rahayu menorehkan sejarah. Duo atlet tersebut adalah ganda putri Indonesia pertama yang meraih medali emas di Olimpiade.

Pada ajang Olimpiade Tokyo 2020, Greysia/Apriyani berhadapan dengan Chen Qingchen/Jia Yifan dari Cina di final ganda putri. Pertandingan sengit itu digelar di Musashino Sport Forest Plaza, Senin (2/8/2021) siang.

Sebelum pertandingan, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan pelatih ganda putri, Eng Hian sempat meminta agar masyarakat Indonesia meredam ekspektasi berlebihan kepada Greysia/Apriyani.

Permintaan itu punya landasan kuat. Tidak seperti Greysia, ini adalah debut Apriyani bertanding di pesta olahraga empat tahunan tersebut. Belum lagi, dalam tujuh penyelenggaraan Olimpiade terakhir, Cina sudah mengoleksi lima medali emas di sektor ganda putri.

Bagaimanapun, pertandingan yang sampai membuat Presiden Joko Widodo deg-degan itu berakhir dengan ciamik. Greysia/Apriyani menang dalam dua gim, 21-19, 21-15.

Atas sejarah yang ditorehkan, dua atlet perempuan tersebut bukan hanya dihujani ucapan selamat. Mereka juga kebanjiran hadiah. Dari pemerintah juga pengusaha, tak ketinggalan selebritas.