Lokadata.ID

Infografik: Kelak orang miskin pol cuma 6 persen

Jumlah orang miskin di Indonesia maupun dunia turun, tapi kurang menukik tajam. Kemiskinan tanggung jawab semua orang, kecuali si miskin.
Jumlah orang miskin di Indonesia maupun dunia turun, tapi kurang menukik tajam. Kemiskinan tanggung jawab semua orang, kecuali si miskin. Antyo® / Beritagar.id

Saat ini orang miskin ekstrem di dunia masih delapan persen dari seluruh warga bumi. Sudah turun bila dibandingkan 2015 (10 persen) dan 2010 (15 persen). Maka PBB menargetkan pada 2030 orang miskin ekstrem atau pol-polan itu tinggal enam persen.

Hari ini, Kamis 17 Oktober 2019, adalah Hari Pemberantasan Kemiskinan Sedunia. Yang diberantas tentu kemiskinan, bukan orang miskin. Tentang kemiskinan ekstrem, sila lihat infografik. Begitu pula temanya yang panjang, bisa menjadi satu paragraf. Bertindak bersama... dst....

Resep Bank Dunia

Cara mengurangi kemiskinan, menurut Bank Dunia, dilakukan dengan menempuh tiga tugas.

  • Menyediakan pekerjaan padat karya.
  • Investasi sumber daya manusia, terutama untuk mereka yang tak dapat beroleh manfaat dari layanan dasar tersebab keadaan di luar kendali mereka.
  • Mengasuransikan orang miskin dan rentan terhadap guncangan yang dapat mendorong mereka lebih kesrakat — misalnya karena cuaca buruk, wabah, kenaikan harga pangan, dan krisis ekonomi.

Angka kemiskinan di Indonesia, dari sisi jumlah orang maupun persentase, selama Maret 2014 – Maret 2019 secara umum turun terus. Memang sempat naik sih pada 2015. Sila tengok Lokadata.

Mestinya terus berkurang

Sudah menjadi niat dunia untuk terus mengurangi kemiskinan. Maka dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, mewujudkan dunia sonder kemiskinan ada dalam urutan pertama dari 17 sasaran.

Mungkin laju pengurangan terasa lamban, tapi harus diupayakan bersama terus berkurang. Sila simak data visual nan interaktif dari Wold Data Lab.

Data visual tersebut untuk menyederhanakan angka rumit. Wajar bila muncul kritik bahwa penyajiannya kurang akurat.