Lokadata.ID

Infografik: Minum bir bisa dibui 2 tahun, atau didenda Rp50 juta

Mulanya usulannya bertema pengaturan, setelah jadi RUU berbunyi larangan. Bermula dari gugatan FPI ke MA delapan tahun silam yang terkabulkan.
Mulanya usulannya bertema pengaturan, setelah jadi RUU berbunyi larangan. Bermula dari gugatan FPI ke MA delapan tahun silam yang terkabulkan. Antyo® / untuk Lokadata.id

HUKUMAN | Lumrah jika pemerintah di mana pun mengatur produksi hingga penjualan minuman beralkohol (minol) atau minuman keras (miras). Namun menghukum orang minum minol, padahal tak mabuk apalagi mengganggu orang lain, apakah perlu?

Memang, minol perlu diatur dari beberapa segi. Di dalamnya ada pembatasan hingga pelarangan disertai sanksi — termasuk bagi orang yang mengonsumsi. Misalnya seperti di Australia, dilarang menaruh bir dalam kabin mobil, harus dalam bagasi. Di kota tertentu di sana, warga dilarang minum bir sambil berjalan di trotoar meskipun itu di depan rumah. Payungnya tetap pengaturan, bukan pelarangan.

Ketua Umum FPI Ahmad Sobri Lubis, dalam siaran pers Kamis (12/11/2020) di Jakarta, menyatakan, "FPI menolak keras peraturan perundang-undangan yang melegalisasi minuman keras dalam bentuk apapun, baik UU, peraturan pemerintah, perpres, keppres, permen hingga perda."