Lokadata.ID

Infografik: Untuk sampai ratifikasi, RCEP butuh waktu lama

Ada 14.000-an halaman, untuk menerjemahkan akan dikebut dalam dua bulan. Urusan di DPR bisa sampai 60 hari, lalu persiapan menuju ratifikasi bisa 90 hari.
Ada 14.000-an halaman, untuk menerjemahkan akan dikebut dalam dua bulan. Urusan di DPR bisa sampai 60 hari, lalu persiapan menuju ratifikasi bisa 90 hari. Antyo® / untuk Lokadata.id

KOMPLEKS | Ini bukan urusan antarnegeri dalam arti bilateral namun hubungan bersegi lima belas. Calon pakta perdagangan bertajuk RCEP itu di Indonesia ada yang mewant-wanti, misalnya mau mengekspor sudah gempor, sementara barang impor lancar tergelontor.

Bagi masyarakat, soal RCEP (Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional) itu masih membingungkan. Apalagi dokumen hukum internasional 14.356 halaman itu belum selesai penerjemahannya. Tahap terakhir secara bersama, yang sudah selesai ditandatangani, adalah persetujuan setiap negeri anggota. Presiden Joko Widodo menyaksikannya dari Istana Bogor, Ahad (15/11/2020).

Masih jauh perjalanan untuk sampai kepada ratifikasi. Di dalam negeri masing-masing, setelah penandatanganan pekan lalu setiap pemerintahan harus minta dukungan parlemen.