Lokadata.ID

Ini daerah di luar Jawa dan Bali yang masuk level 4 dan level 3

Petugas merapikan area lobi Asrama Haji Medan, Sumatera Utara, Selasa (10/8/2021).
Petugas merapikan area lobi Asrama Haji Medan, Sumatera Utara, Selasa (10/8/2021). Fransisco Carolio / ANTARA FOTO

Pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa dan Bali selama dua pekan dari 10 Agustus sampai 23 Agustus 2021. Hal ini berbeda dengan perpanjangan PPKM di Jawa dan Bali yang hanya diperpanjang sepekan mulai 10 Agustus.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, kebijakan ini didasarkan pada peningkatan kasus aktif Covid-19 di luar Jawa dan Bali. Per 9 Agustus, kasus aktif di Jawa dan Bali berkontribusi 53,5 persen, sedangkan kasus di luar Jawa dan Bali menyumbang 46,5 persen terhadap total kasus aktif nasional.

Ada trend yang berkebalikan di antara dua kawasan tersebut. Selama periode 1-9 Agustus 2021, kasus aktif di luar Jawa dan Bali meningkat 1,24 persen. Sebaliknya, kasus aktif di Jawa dan Bali turun 27,08 persen.

“Sesuai arahan bapak presiden, di luar Jawa dan Bali karena nature kepulauan dan wilayahnya luas, maka akan PPKM akan diperpanjang selama dua minggu,” kata Airlangga yang memegang komando penerapan PPKM luar Jawa dan Bali dalam konferensi pers virtual, Senin (9/8).

Cakupan penerapan PPKM level 4 di luar Jawa dan Bali diterapkan di 45 kabupaten/kota. Wilayah yang termasuk penerapan level 4 di luar Jawa dan Bali terdapat dalam Inmendagri Nomor 31 Tahun 2021 tentang PPKM level 4 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan Papua.

Ada beberapa perbedaan dengan daftar daerah yang masuk level 4 di Inmendagri 31/2021 dengan daftar daerah yang masuk PPKM level 4 di luar Jawa dan Bali dalam Inmendagri 28/2021 yang terbit 3 Agustus lalu. Berikut rincian kabupaten/kota yang masuk level 4 di luar Jawa dan Bali dalam Inmendagri 31/2021.

Provinsi Aceh yang semula tidak masuk, kini ada Banda Aceh. Di Sumatra Utara, selain Kota Medan, ada tambahan Kota Pematangsiantar. Padang masih masuk level 4. Di Riau, di luar Kota Pekanbaru, ada tambahan tiga daerah lagi, yakni Kabupaten Siak, Kabupaten Rokan Hulu, dan Kota Dumai.

Di Jambi, Kabupaten Batanghari dan Kabupaten Merangin menambah Kota Jambi yang sebelumnya sudah masuk level 4. PPKM di Sumatera Selatan berkurang drastis. Kecuali Kota Palembang yang masih masuk level 4, tiga wilayah lainnya naik ke level 3, yakni Kota Lubuk Linggau, Kabupaten Musi Banyuasin, dan Kabupaten Musi Rawas.

Di Bangka Belitung, tinggal Kabupaten Bangka yang masih level 4. Sementara itu, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Belitung, dan Kabupaten Belitung Timur naik ke level 3.

Di Bengkulu, Bengkulu Utara masuk PPKM level 4, sedangkan Kota Bengkulu naik level. PPKM level 4 di Lampung justru bertambah, dari semula hanya Bandar Lampung, kini bertambah dengan Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Lampung Selatan, dan Kabupaten Lampung Barat.

Di Kalimantan Utara, Kota Tarakan masih menjadi daerah dengan PPKM level 4, namun Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Nunukan keluar dari daftar level 4. Di Kalimantan Tengah, Kota Palangkaraya kali ini masuk menjadi daerah dengan PPKM level 4.

Di Kalimantan Timur, Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Timur, Kota Samarinda masih termasuk daerah dengan PPKM level 4. Namun kali ini ditambah Kabupaten Paser. Adapun Kabupaten Berau, Kota Bontang, dan Kabupaten Penajam Paser Utara naik ke level 3.

Di Kalimantan Selatan, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin masih menjadi daerah PPKM level 4. Namun, kali ini ada tambahannya, yakni Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Barito Kuala, dan Kabupaten Kotabaru.

Di Nusa Tenggara Timur, Kota Kupang, Kabupaten Sikka, dan Kabupaten Sumba Timur masih tetap di level 4, dengan tambahan Kabupaten Ende. Di Sulawesi Utara, Kabupaten Minahasa masih di level 4. Kali ini ditambah Kota Manado. Sebaliknya, Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara naik menjadi level 3.

Di Sulawesi Tengah, Kota Palu masih menjadi daerah PPKM level 4 plus Kabupaten Banggai dan Kabupaten Poso. Adapun Kabupaten Morowali Utara naik menjadi level 3. Di Sulawesi Selatan, Kota Makassar masih di level 4, plus Kabupaten Luwu Timur. Kabupaten Tana Toraja keluar dari daftar PPKM level 4, naik ke level 3.

Di Papua, Kota Jayapura masih menjadi daerah penerapan PPKM level 4. Adapun Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke keluar dari daftar daerah PPKM level 4, naik menjadi level 3.

Yang juga berbeda dalam Inmendagri 31/2021 adalah tidak memasukkan Provinsi Papua Barat dan Maluku Utara. Kota Sorong di Papua Barat dan Kabupaten Halmahera Barat di Maluku Utara keduanya naik ke level 3. Kedua kota/kabupaten itu sebelumnya masuk wilayah PPKM level 4.

Aturan di level 4 dan level 3

Di wiayah PPKM level 4, pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar dilakukan secara daring. Kemudian industri orientasi ekspor dan penunjangnya dapat beroperasi 100 persen dengan protokol kesehatan ketat, dan jika ditemukan klaster Covid-19 bisa ditutup 5 hari.

Kemudian, tempat ibadah boleh boleh melaksanakan kegiatan, dengan pembatasan maksimal 25 persen dari kapasitas atau paling banyak 30 orang dengan protokol kesehatan yang ketat.

Selain itu, rumah makan dan kafe dengan skala kecil dan berada pada lokasi sendiri dapat melayani makan di tempat dengan tamu maksimal 25 persen, serta melayani pesan-antar. Adapun restoran maupun kafe berskala sedang dan besar yang berada di lokasi sendiri maupun yang di pusat perbelanjaan hanya menerima take away atau delivery.

Kegiatan di pusat perbelanjaan masih ditutup sementara, kecuali untuk supermarket, restoran, dan pasar swalayan. Pembatasan dilakukan untuk jam operasional hingga pukul 20.00, dan kapasitas 50 persen pengunjung.

Kegiatan seni, budaya dan sosial juga masih ditutup sementara. Pelaku perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi wajib menunjukkan kartu vaksinasi minimal vaksinasi dosis pertama dan menunjukkan hasil antigen H-1. Pelaku perjalanan domestik menggunakan pesawat wajib menunjukkan kartu vaksin dan hasil PCR H-2.

Adapun aturan di daerah yang menerapkan PPKM level 3 berbeda. Perbedaan yang tercantum dalam Inmendagri Nomor 32 Tahun 2021 tersebut antara lain kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan tatap muka maksimal 50 persen dari kapasitas dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Rumah makan dan kafe dengan skala kecil yang berada di lokasi sendiri dapat melayani makan di tempat 50 persen dari kapasitas. Tempat ibadah juga diizinkan melakukan kegiatan peribadan dengan pengaturan kapasitas maksimal 50 persen atau 50 orang. Pusat perbelanjaan dibatasi hingga pukul 20.00, dan 50 persen dari total kapasitas.

Per 9 Agustus, Kalimantan Timur, Sumatra Utara, Sulawesi Selatan dan Riau menjadi provinsi di luar Jawa dan Bali yang masuk dalam 10 provinsi dengan penambahan kasus harian terbanyak.

Level 4 dan 3 di Luar Jawa dan Bali

Level 4

Kalimantan Selatan Bengkulu
Kota Banjarbaru Kab.Bengkulu Utara
Kab.Tanah Laut
Kota Banjarmasin Sumatera Selatan
Kab.Tanah Bumbu
Kab.Barito Kuala Kota Palembang
Kab.Kotabaru
Sumatera Utara
Kalimantan Timur
Kota Medan
Kota Balikpapan Kota Pematangsiantar
Kab.Kutai Kartanegara
Kab.Kutai Timur Sumatera Barat
Kab.Paser
Kota Samarinda Kota Padang
Kalimantan Utara Aceh
Kota Tarakan Kota Banda Aceh
Kalimantan Tengah Sulawesi Utara
Kota Palangkaraya Kota Manado
Kab.Minahasa
Lampung
Sulawesi Tengah
Kab.Pringsewu Kota Palu
Kab.Tulang Bawang Barat Kab.Banggai
Kab.Lampung Timur Kab.Poso
Kota Bandar Lampung
Kab.Lampung Selatan
Kab.Lampung Barat Sulawesi Selatan
Jambi Kota Makassar
Kab.Luwu Timur
Kab.Batanghari
Kab.Merangin Kepulauan Bangka Belitung
Kota Jambi
Kab.Bangka
Riau
Nusa Tenggara Timur
Kota Pekanbaru
Kab.Siak Kota Kupang
Kab.Rokan Hulu Kab.Ende
Kota Dumai Kab.Sumba Timur
Kab.Sikka
Papua
Kota Jayapura

Level 3


Aceh Kalimantan Barat
Kota Sabang Kota Pontianak
Kab.Aceh Barat Kota Singkawang
Kab.Aceh Besar Kab.Bengkayang
Kab.Aceh Selatan Kab.Kapuas Hulu
Kab.Aceh Singkil Kab.Kayong Utara
Kab.Aceh Tamiang Kab.Ketapang
Kab.Aceh Tengah Kab.Kubu Raya
Kab.Aceh Utara Kab.Landak
Kab.Gayo Lues Kab.Melawi
Kota Langsa Kab.Mempawah
Kota Lhokseumawe Kab.Sambas
Kota Subulussalam Kab.Sanggau
Kab.Pidie Kab.Sekadau
Kab.Pidie Jaya Kab.Sintang
Kab.Simeulue
Kalimantan Utara
Sumatera Utara Kab. Bulungan

Kab. Malinau
Kab.Toba Samosir Kab. Nunukan
Kota Sibolga Kab.Tana Tidung
Kota Tebing Tinggi
Kab.Samosir Kalimantan Selatan
Kab.Asahan Kab.Balangan
Kab.Batu Bara Kab.Hulu Sungai Selatan
Kab.Dairi Kab.Hulu Sungai Tengah
Kab.Deli Serdang Kab.Tapin
Kab.Humbang Hasundutan Kab.Banjar
Kab.Karo Kab.Hulu Sungai Utara
Kota Binjai Kab.Tabalong
Kota Gunungsitoli
Kota Padangsidimpuan Kalimantan Tengah
Kota Tanjung Balai Kab.Barito Selatan
Kab.Labuhanbatu Kab.Barito Timur
Kab.Labuhanbatu Slt Kab.Barito Utara
Kab.Labuhanbatu Utara Kab.Kotawaringin Barat
Kab.Langkat Kab.Lamandau
Kab.Nias Kab.Murung Raya
Kab.Nias Utara Kab.Pulang Pisau
Kab.Pakpak Bharat Kab.Sukamara
Kab.Serdang Bedagai Kab.Gunung Mas
Kab.Simalungun Kab.Kapuas
Kab.Tapanuli Selatan Kab.Katingan
Kab.Tapanuli Tengah Kab.Kotawaringin Timur
Kab.Tapanuli Utara Kab.Seruyan
Sumatera Barat Kalimantan Timur

Kab.Berau
Kota Bukittinggi Kota Bontang
Kab.Solok Selatan
Kab.Kutai Barat
Kota Padang Panjang Kab.Mahakam Ulu
Kota Pariaman Kab.Penajam Paser Utara
Kota Payakumbuh
Kota Sawahlunto Sulawesi Selatan
Kota Solok Kota Palopo
Kab.Tanah Datar Kota Pare Pare
Kab.Agam Kab.Tana Toraja
Kab.Dharmasraya Kab.Bantaeng
Kab.Kep. Mentawai Kab.Barru
Kab.Lima Puluh Kota Kab.Bone
Kab.Padang Pariaman Kab.Bulukumba
Kab.Pasaman Kab.Enrekang
Kab.Pasaman Barat Kab.Gowa
Kab.Pesisir Selatan Kab.Jeneponto
Kab.Sijunjung Kab.Kep. Selayar
Kab.Solok dan Kab.Luwu

Kab.Luwu Utara
Riau Kab.Maros

Kab.Pangkajene Kep.
Kab.Bengkalis Kab.Sidenreng Rappang
Kab.Indragiri Hilir Kab.Sinjai Kab.Soppeng
Kab.Indragiri Hulu Kab.Takalar
Kab.Kampar Kab.Toraja Utara dan
Kab.Kep. Meranti Kab.Wajo
Kab.Kuantan Singingi
Kab.Pelalawan Sulawesi Barat
Kab.Rokan Hilir Kab.Majene
Kab.Mamasa
Kepulauan Riau Kab.Mamuju
Kab.Bintan Kab.Mamuju Tengah
Kab.Karimun Kab.Pasangkayu
Kab.Kep. Anambas Kab.Polewali Mandar
Kota Batam
Kota Tanjung Pinang Gorontalo
Kab.Lingga Kota Gorontalo
Kab.Natuna Kab.Boalemo
Kab.Bone Bolango
Jambi Kab.Gorontalo
Kab.Bungo Kab.Gorontalo Utara
Kab.Kerinci Kab.Pahuwato
Kota Sungai Penuh
Kab.Muaro Jambi Sulawesi Tengah
Kab.Sarolangun
Kab. Tj. Jabung Barat Kab.Banggai Laut
Kab. Tj. Jabung Timur Kab.Morowali
Kab.Tebo Kab.Morowali Utara
Kab.Sigi
Sumatera Selatan Kab.Tojo Una Una
Kab.Toli Toli
Kota Lubuk Linggau Kab.Banggai Kep.
Kota Pagar Alam Kab.Buol
Kota Prabumulih Kab.Donggala
Kab. Penukal Abab Lematang Ilir Kab.Parigi Moutong
Kab.Banyuasin
Kab.Lahat Sulawesi Tenggara
Kab.Muara Enim Kab. Konawe Utara
Kab. Musi Banyuasin Kota Kendari
Kab. Musi Rawas Kab. Wakatobi
Kab. Musi Rawas Utara Kab. Bombana
Kab. Ogan Ilir Kab. Buton Selatan
Kab. Ogan Komering Ulu Kab. Buton Tengah
Kab. OKU Selatan Kab. Buton Utara
Kab. OKU Timur Kab. Kolaka
Kab. Kolaka Timur
Kep. Bangka Belitung Kab. Kolaka Utara
Kab. Konawe
Kab.Bangka Barat Kab. Konawe Kep.
Kab.Bangka Selatan Kab. Konawe Slt
Kab.Bangka Tengah Kab.Muna Barat
Kab.Belitung Kota Bau Bau
Kab.Belitung Timur Kab.Muna
Kota Pangkal Pinang
Bengkulu Sulawesi Utara
Kab.Kepahiang Kota Bitung
Kota Bengkulu Kota Kotamobagu
Kab.Bengkulu Selatan Kota Tomohon
Kab.Bengkulu Tengah Kab.Minahasa Selatan
Kab.Kaur Kab.Minahasa Utara
Kab.Lebong Kab.Sitaro
Kab.Muko Muko Kab.Bolaang Mdw
Kab.Rejang Lebong Kab.Bolaang Mdw Slt
Kab.Seluma Kab.Bolaang Mdw Timur
Kab.Bolaang Mdw Utara
Lampung Kab.Kep. Sangihe
Kota Metro Kab.Kep. Talaud
Kab.Lampung Tengah Kab.Minahasa Tenggara
Kab.Lampung Utara
Kab.Mesuji Nusa Tenggara Barat
Kab.Pesawaran Kota Mataram
Kab.Pesisir Barat Kab.Bima
Kab.Tanggamus Kab.Dompu
Kab.Tulang Bawang Kota Bima
Kab.Way Kanan Kab.Lombok Barat
Kab.Lombok Tengah
Papua Kab.Lombok Timur
Kab.Boven Digoel Kab.Lombok Utara
Kab.Jayawijaya Kab.Sumbawa
Kab.Nabire Kab.Sumbawa Barat
Kab.Asmat
Kab.Biak Numfor Nusa Tenggara Timur
Kab.Jayapura Kab.Alor
Kab.Keerom Kab.Kupang
Kab.Merauke Kab.Lembata
Kab.Mimika Kab.Manggarai
Kab.Sarmi Kab.Manggarai Barat
Kab.Manggarai Timur
Papua Barat Kab.Sumba Tengah
Kab.Fak Fak Kab.Belu
Kab.Manokwari Kab.Flores Timur
Kab.Teluk Wondama Kab.Malaka
Kab.Kaimana Kab.Nagekeo
Kota Sorong Kab.Ngada
Kab.Manokwari Selatan Kab.Rote Ndao
Kab.Maybrat Kab.Sabu Raijua
Kab.Raja Ampat Kab.Sumba Barat
Kab.Sorong Kab.Sumba Barat Daya
Kab.Sorong Selatan Kab.Timor Tengah Selatan
Kab.Teluk Bintuni. Kab.Timor Tengah Utara
Maluku Maluku Utara
Kota Ambon Kab.Halmahera Barat
Kab.Kep. Aru Kab.Halmahera Selatan
Kab.Kep. Tanimbar Kab.Halmahera Tengah
Kota Tual Kab.Halmahera Timur
Kab.Maluku Barat Daya Kab.Halmahera Utara
Kab.Maluku Tengah Kab.Kep. Sula
Kab.Maluku Tenggara Kota Ternate
Kab.Seram Bagian Timur Kota Tidore Kep.
Kab.Pulau Morotai
Kab.Pulau Taliabu