Lokadata.ID

Durian, 'Raja Buah' Asia Tenggara, yang termurah ada di Sumatra

Harga durian dari produsen di sepuluh provinsi dengan harga murah.
Harga durian dari produsen di sepuluh provinsi dengan harga murah. Arijal / Lokadata.id

Bisa jadi tak ada buah sekontroversial durian. Bagi para penggemarnya di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina Selatan, durian adalah rajanya buah (King of fruits): rasa, aroma, eksotisme. Penyebutan istilah raja buah, salah satunya merujuk pada fakta bahwa musim panennya dianggap menandai panen untuk buah tropis lainnya.

Sebaliknya, para pembenci akan menyingkirkannya jauh-jauh karena aromanya yang amat menyengat. Belum lagi soal kandungannya yang padat karbo dan gula. Buah ini juga jadi problem bagi mereka yang punya masalah pencernaan. Bahkan, karena aromanya, maskapai penerbangan mengharamkan durian di bagian mana pun di pesawat.

Durian merupakan tanaman tropis yang tumbuh di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, hingga Filipina. Di Indonesia durian tumbuh hampir di semua wilayah seperti Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua. Bahkan setiap wilayah memiliki jenis varietas, warna dan tersendiri.

Yayasan Durian Nusantara, lembaga yang menaungi penggemar durian menyebut setidaknya ada 13 jenis durian unggul di Indonesia seperti, bawor, matahari, namlung, serombut, merah Banyuwangi, super tembaga, madu racun, petruk, pelangi, malika, bido, Lai Mahakam dan jenis lainnya.

Pada tahun lalu produksi durian Indonesia mencapai 1,13 juta ton di semua wilayah. Tiga wilayah penghasil durian terbesar adalah Jawa Timur yang mencapai 275,7 ribu ton, Jawa Tengah sekitar 138,1 ribu ton dan Sumatra Barat hingga 131,4 ribu ton. Dalam laporan itu hampir semua wilayah memiliki durian.

Tulisan ini menyoroti di provinsi mana saja harga durian termurah didapatkan. Rentang harganya dari harga Rp10 ribuan hingga Rp23 ribuan per buah. Dari 10 wilayah dengan durian termurah, enam berada di Pulau Sumatra. Harga durian termurah di Sumatra Barat Rp10.808 saja per buah. Kemudian Sumatra Utara Rp15.504 per kg.

Dengan harga Rp23.603 per buah, Provinsi Banten dicatat sebagai wilayah dengan harga paling murah di peringkat ke-10. Bagaimana 24 provinsi yang lain? Tentu saja harganya lebih mahal dari Banten. Di Daerah Istimewa Yogyakarta harga durian bisa mencapai Rp47.317.

Catatan lain adalah harga yang tercantum di tulisan ini adalah harga di tingkat petani atau harga di pemilik pohon. Jika Anda membelinya di Kalibata, misalnya, yang menjadi salah satu sentra penjualan durian di Jakarta harganya bisa di atas Rp100 ribu. Apalagi, jika Anda membelinya di supermarket.

Tulisan ini disarikan dari publikasi Statistik Harga Produsen Pertanian Subsektor Tanaman Pangan, Tanaman Hortikultura, dan Tanaman Perkebunan Rakyat, BPS 2020. Pengambilan datanya menggunakan model survei Harga Produsen Perdesaan setiap bulan di seluruh provinsi di Indonesia kecuali Provinsi DKI Jakarta.