Lokadata.ID

Jakarta banjir, di Sumatera terjadi kebakaran hutan dan lahan

Personel Manggala Agni Sulawesi Tenggara memadamkan api yang membakar lahan di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, Senin  (1/2/2021).
Personel Manggala Agni Sulawesi Tenggara memadamkan api yang membakar lahan di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, Senin (1/2/2021). Humas Manggala Aqni Sulawesi Tenggara / ANTARA FOTO

Ketika banyak masyarakat Jakarta dan sekitarnya dipusingkan dengan banjir, warga Sumatera mengalami musibah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Bahkan Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran, menetapkan status siaga darurat Karhutla selama 60 hari ke depan menyusul kebakaran lahan dan hutan meluas hingga 50 hektare.

Lokasi kebakaran terletak di Gampong Ujung Padang dan Padang Beurahan Kecamatan Bakongan. Kemudian Gampong Keude Trumon, Kecamatan Trumon, demikian dikutip Waspadaaceh, Senin (22/2/2021).

Kepala Pelaksana Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, Cut Syazalisma, Minggu (21/2/2021), mengatakan, tim gabungan BPBD-Damkar, TNI-Polri, BKPH, BKSDA, Manggala Agni Sibolangit, TNGL, dan Masyarakat Peduli Api, telah melakukan upaya pemadaman selama 7 hari.

Dia menjelaskan, faktor utama semakin cepatnya penyebaran api karena kondisi kemarau. Selain itu sumber air di lokasi kebakaran jauh sehingga personil kewalahan untuk mencapai titik api.

“Ditambah lagi personil pemadam kebakaran harus kita bagi karena ada 7 titik panas terpantau, masing-masing 4 titik di Trumon dan 3 titik di Kecamatan Bakongan,” katanya.

Kebakaran juga melanda wilayah Sumatera Barat, tepatnya di Padang Pariaman dan Agam.

Kebakaran di Jorong Aia Maruok, Nagari Persiapan Durian Kapeh Darussalam, Tanjung Mutiara, Agam, Sumatera Barat, terjadi pada kebun sawit. Kabid KL BPBD Agam, Syafrizal, mengatakan, kebakaran yang terjadi sejak Minggu 21 Februari 2021 itu, juga pernah terjadi pada pekan lalu.

Sebelumnya, lahan perkebunan kelapa sawit seluas 1,5 hektar yang berada di Kecamatan Ulakan Tapakih, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat terbakar.

Ringkasan

  • Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran, menetapkan status siaga darurat Karhutla selama 60 hari kedepan menyusul kebakaran lahan dan hutan meluas hingga 50 hektare.
  • Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Kabupaten Aceh Selatan sejak Minggu 14 Februari 2021, belum juga padam.
  • Dua titik lahan yang terbakar tersebut masing-masing berada di kawasan Desa Gunong Manyang, Kecamatan Woyla Barat dengan luas lahan yang terbakar mencapai 3 hektare.
  • Sementara itu, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Barat Selatan Aceh (Barsela) masih terus berlangsung.
  • Menurut Teddy Sofyan, beberapa daerah di Aceh Tengah, merupakan kawasan yang rawan terjadinya kebakaran, apalagi di setiap memasuki musim kemarau.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dan orbitdigitaldaily.com dengan 3 pemberitaan, diikuti peringkat kedua waspadaaceh.com dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 00:00 hingga 19:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 2 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh thetapaktuanpost.com dengan 78 interaksi, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 8 interaksi. Selanjutnya medialokal.co dengan 6 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.