Lokadata.ID

Jalan tol layang milik Grup Salim di Makassar siap dioperasikan

Kendaraan melintas di ujung Jalan Tol Reformasi dan Tol Layang Pettarani di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (24/10/2020).
Kendaraan melintas di ujung Jalan Tol Reformasi dan Tol Layang Pettarani di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (24/10/2020). Arnas Padda / ANTARA FOTO

Jalan tol layang AP Pettarani di Makassar, yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Konglomerasi Salim melalui PT Bosowa Marga Nusantara (BMN). Jalan tol sepanjang 4,3 km ini menghubungkan Kota Makassar dengan Pelabuhan Petikemas Soekarno Hatta Makassar dan Bandara Sultan Hassanudin.

"Saya sangat menghargai sekali peran Gubernur Sulawesi Selatan. Kita bisa bekerjasama erat karena Pemerintah Pusat datang mendukung inisiatif Pemerintah Daerah, bukan sebaliknya," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, seperti dikutip Bisnis.com, Sabtu.

Tol Layang A.P. Pettarani ini dibangun di atas jalan nasional A.P. Pettarani tanpa adanya pembebasan lahan. Proyek tol layang sepanjang 4,3 km ini menelan investasi Rp2,24 triliun.

Ruas ini akan melengkapi ruas tol eksisting Jalan Tol Ujung Pandang pada Seksi I, II dan IV yang akan beroperasi dengan sistem terbuka sepanjang 10,4 Km dengan jumlah lajur jalan 2 x 2, lebar 3,50 meter, dan memiliki dua on-off ramp yaitu di Boulevard dan Alauddin. Jalan Tol Layang ini juga akan menjadi salah satu ikon baru kebanggaan Kota Makassar dan seluruh masyarakatnya.

Ringkasan

  • Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menambah kapasitas jalan pada kawasan perkotaan metropolitan.
  • Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan apresiasi atas peran aktif Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kota Makassar dalam pembangunan tol layang tersebut.
  • Selain itu, pembangunan Jalan Tol Layang AP Pettarani, Makassar merupakan contoh peran aktif swasta dalam pembangunan infrastruktur nasional.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh bisnis.com dengan 3 pemberitaan, diikuti peringkat kedua timesindonesia.co.id dan monitor.co.id dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 00:00 hingga 22:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 4 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh liputan6.com dengan 42 interaksi, diikuti peringkat kedua bisnis.com dengan 8 interaksi. Selanjutnya gridoto.com dengan 0 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.