Lokadata.ID

Jeff Bezos terbang ke luar angkasa 10 menit, ini kesannya

Jeff Bezos dan astonot  Wally Funk muncul dari kapsul mereka setelah penerbangan di atas roket New Shepard Blue Origin pada penerbangan suborbital pertama di dunia yang tidak memiliki pilot di dekat Van Horn, Texas, AS, Selasa (20/7/2021)
Jeff Bezos dan astonot Wally Funk muncul dari kapsul mereka setelah penerbangan di atas roket New Shepard Blue Origin pada penerbangan suborbital pertama di dunia yang tidak memiliki pilot di dekat Van Horn, Texas, AS, Selasa (20/7/2021) Blue Origin / ANTARA FOTO/REUTERS

Miliuner Jeff Bezos terbang ke luar angkasa selama 10 menit, 10 detik dengan pesawat ulang-alik New Shepard pada Selasa (20/7/2021) waktu Amerika Serikat.

“Hari terbaik yang pernah ada,” kata Bezos, setelah kapsul tersebut mendarat, dikutip Antara dari Reuters, Rabu (21/7).

New Shepard buatan Blue Origin, perusahaan milik Bezos, meluncur dari Texas ke ketinggian sekitar 107 kilometer. Bezos dan tiga penumpang pesawat tersebut merasakan sensasi berada di luar angkasa.

Pendiri Amazon itu terbang bersama adiknya Mark Bezos, penerbang perempuan Wally Funk dan seorang penumpang Oliver Daemen,18 tahun.

“Astronot Bezos di kursi senang, senang, senang,” kata Bezos kepada petugas kontrol sebelum memasuki ruang hampa.

New Shepard, gabungan roket otonom dan kapsul, terbang di kecepatan 3.595 kilometer per jam hingga berada di luar garis Karman (100 kilometer), istilah aeronautika untuk perbatasan atmosfer bumi dengan luar angkasa.

Setelah pesawat lepas dari pendorong (booster), kru melepas sabuk pengaman, salto ke belakang dan saling bersulang permen Skittles. Pesawat New Shepard lalu kembali ke bumi dengan parasut, menggunakan sistem retro-pendorong untuk mengeluarkan bantalan udara agar bisa mendarat dengan mulus.

Roket New Shepard pada penerbangan suborbital tanpa pilot pertama di dunia dari Situs Peluncuran Blue Origin 1 dekat Van Horn, Texas, AS, Selasa (20/7/2021).
Roket New Shepard pada penerbangan suborbital tanpa pilot pertama di dunia dari Situs Peluncuran Blue Origin 1 dekat Van Horn, Texas, AS, Selasa (20/7/2021). Joe Skipper / ANTARA FOTO/REUTERS

Setelah mendarat, Bezos dan awak pesawat saling berpelukan, membuka sampanye dikelilingi keluarga dan karyawan perusahaan. “Pengalaman paling mendalam buat saya, saat melihat ke luar, ke bumi dan melihat atmosfer bumi,” kata Bezos.

Wally Funk, anggota tim Mercury 13 yang dilatih NASA untuk menjadi astronot pada tahun 1960-an sangat senang dengan penerbangan ke luar angkasa ini. “Saya sudah menunggu lama sekali. Saya mau terbang lagi, cepat,” kata Funk. Oliver Daemen, yang akan kuliah fisika di Belanda, memeluk ayahnya CEO Somerset Capital Partnesr Joes Daemen, begitu mendarat.

Bezos mendirikan Blue Origin pada 2000 lalu. New Shepard merupakan perjalanan perdana mereka ke luar angkasa dengan awak. Blue Origin merencanakan dua penerbangan lagi dengan penumpang tahun ini.

Kapsul yang membawa  Jeff Bezos dan tiga anggota kru kembali dengan parasut setelah penerbangan mereka naik ke roket New Shepard Blue Origin di dekat Van Horn, Texas, Amerika Serikat, Selasa (20/7/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Joe Skipper/rwa/cfo
Kapsul yang membawa Jeff Bezos dan tiga anggota kru kembali dengan parasut setelah penerbangan mereka naik ke roket New Shepard Blue Origin di dekat Van Horn, Texas, Amerika Serikat, Selasa (20/7/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Joe Skipper/rwa/cfo

Ringkasan

  • Miliuner Jeff Bezos sukses menyelesaikan penerbangan ke luar angkasa dengan pesawat ulang-alik New Shepard pada Selasa (20/7) waktu setempat.
  • New Shepard buatan Blue Origin, perusahaan milik Bezos, meluncur dari Texas ke ketinggian sekitar 107 kilometer.
  • Bezos dan tiga penumpang pesawat tersebut pergi ke luar angkasa selama 10 menit 10 detik.
  • Dia terbang bersama saudara laki-lakinya Mark Bezos, penerbang perempuan Wally Funk dan konsumen berbayar perdana Oliver Daemen yang baru berusia 18 tahun.
  • New Shepard, gabungan roket otonom dan kapsul, terbang di kecepatan 3.595 kilometer per jam hingga berada di luar garis Karman (100 kilometer), istilah aeronautika untuk perbatasan atmosfer bumi dengan luar angkasa.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 5 pemberitaan, diikuti peringkat kedua harianterbit.com dengan 2 pemberitaan. selanjutnya suarasurabaya.net dengan 1 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 09:00 hingga 11:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 10:00 WIB dengan total 6 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh antaranews.com dengan 0 interaksi, diikuti peringkat kedua harianterbit.com dengan 0 interaksi. Selanjutnya indonesiainside.id dengan 0 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.