Lokadata.ID

Jokowi ajukan Kabareskrim Listyo Prabowo sebagai Kapolri

Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah)   (15/12/2020).
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah) (15/12/2020). Galih Pradipta / ANTARA FOTO

Presiden Joko Widodo menunjuk Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Nama Kabareskrim itu diajukan ke DPR melalui Surat Presiden yang diserahkan Rabu, 13 Januari 2021.

"Presiden Jokowi menyampaikan calon tunggal Bapak Doktorandus Listyo Sigit Prabowo Msi yang saat ini menjabat Kabareskrim Polri," kata Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Puan didampingi tiga wakilnya, yakni Azis Syamsuddin, Sufmi Dasco Ahmad, dan Rachmat Gobel, menerima langsung surat yang diantarkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Listyo terpilih sebagai calon Kapolri dari lima calon yang diusulkan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Empat calon lainnya adalah Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kalemdiklat Komjen Arief Sulistyanto, Kabaharkam Komjen Agus Andrianto, dan Kepala BNPT Boy Rafli Amar.

Listyo Sigit saat ini menjabat Kepala Badan Reserse Kriminal Markas Besar Polri. Ia merupakan lulusan Akademi Kepolisian 1991. Perwira tinggi kelahiran 5 Mei 1969 tersebut pernah menjadi Kapolres Pati, Jawa Tengah. Setelah itu dia menduduki posisi Wakil Kepala Polrestabes Kota Semarang. Kemudian menjadi Kapolres Solo ketika Jokowi menjadi Walikota di sana.

Pada 2012, saat Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Listyo Sigit dirotasi ke Jakarta. Ia duduk di pos Asubdit II Direktorat Tipdum Bareskrim Polri.

Lulusan Akademi Kepolisian Angkatan 1991 tersebut pernah menjadi ajudan Presiden Jokowi pada 2014. Sekitar dua tahun kemudian atau pada Oktober 2016, dia menjabat Kapolda Banten dengan pangkat Brigadir Jenderal.

Listyo akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi Hukum DPR. Ketua Komisi Hukum DPR Herman Herry sebelumnya mengatakan jadwal fit and proper test kemungkinan dimulai Senin pekan depan.

Ringkasan

  • Dinamika Kepri, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyodorkan nama Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri ke pimpinan DPR.
  • Berikut ini sederet kasus yang diungkap Komjen Listyo Sigit Prabowo di Bareskrim Polri.
  • Sepak terjang Bareskrim dalam mengungkap sejumlah kasus besar yang menyedot perhatian publik.
  • Bareskrim juga mengawal seluruh kebijakan pemerintah dengan membentuk beberapa Satuan Tugas (Satgas).
  • Argo mengatakan, dimanapun Listyo Sigit ditugaskan selalu memberikan dampak perubahan dan kemajuan bagi Polri.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh mandiricyber.co.id dengan 2 pemberitaan, diikuti peringkat kedua tirasnusantara.com dan sumaterapost.co dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 00:00 hingga 11:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 8 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh sketsaonline.com dengan 35 interaksi, diikuti peringkat kedua viva.co.id dengan 22 interaksi. Selanjutnya rmolbanten.com dengan 12 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.