Lokadata.ID

Jokowi: Kasus Covid-19 di Jawa dan Bali turun

Presiden Jokowi meninjau ruang di Rumah Sakit Modular Pertamina, Tanjung Duren, Jakarta, Jumat (6/5/2021)
Presiden Jokowi meninjau ruang di Rumah Sakit Modular Pertamina, Tanjung Duren, Jakarta, Jumat (6/5/2021) Robotorial / Presidenri.go,id

Presiden Joko Widodo mengatakan, tren kasus Covid-19 di Jawa dan Bali sudah menurun. Namun, masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap potensi penularan virus korona.

"Kita patut bersyukur bahwa pada pagi hari ini angka-angka pandemi menunjukkan bahwa di Jawa dan di Bali mulai sedikit menurun dan utamanya di Jakarta," kata Presiden Joko Widodo di RS Modular Pertamina Tanjung Duren, Jumat (6/8/2021), seperti dikutip Bisnis.

Jokowi mengungkapkan angka-angka keterisian rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) mulai menurun dibandingkan dengan data yang dilihatnya setiap hari pada 6-8 pekan lalu.

"Di Wisma Atlet BOR-nya sempat di sekitar 90-an persen. Pagi hari ini saya mendapatkan informasi angkanya sudah berada pada posisi 25 persen, tetapi juga kita harus tetap waspada hati-hati terus bersiap-siap, jaga-jaga," ujarnya.

Menurut dia, salah satu upaya berjaga-jaga adalah dengan tetap siaga menambah kapasitas rumah sakit, terutama untuk pasien yang bergejala. Hal itu dilakukan agar jangan sampai ada masyarakat yang meninggal karena tak bisa mendapatkan kamar untuk dirawat.

Rumah sakit modular milik Pertamina memiliki kapasitas 305 tempat tidur yang komplit dengan HCU dan juga ICU. "Lebih bagus lagi ada juga ICU khusus untuk anak-anak dan bayi dan ibu-ibu sehingga bisa memberikan pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak, saya sangat mengapresiasi sekali," kata Jokowi.

RS milik Pertamina ini dibangun sejak 9 Juli 2021 dan akan dioperasikan mulai Jumat (6/8) oleh RS Pelni selaku anak perusahaan PT Pertamina Bina Medika atau Pertamedika IHC. Bangunan modular menggunakan komponen buatan atau rakitan pabrik menjadi panel modular. Teknologi ini memiliki sistem aplikasi yang mudah, cepat dan mengutamakan prinsip bangunan ramah lingkungan.

Rumah sakit tersebut akan menjadi salah satu rumah sakit rujukan bagi pasien Covid-19 bergejala sedang hingga berat. “Rumah sakit ini sudah siap untuk dioperasikan, pada nanti sore kita sudah mulai menerima pasien secara bertahap dengan jumlah perawat dan dokter yang akan terlibat di dalam operasional sekitar 800 orang,” ujar Direktur Utama Pertamedika IHC, Fathema Djan Rachmat.


Target vaksinasi 300 juta dosis

Kementerian Kesehatan sedang menyusun strategi penyuntikan 300 juta dosis vaksin Covid-19. "Kurang lebih 300 juta dosis akan kita terima, mulai Agustus sampai Desember," kata juru bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi di Jakarta, Jumat (6/8), seperti dikutip Ayo Bandung.

Menurut Nadia, jumlah tersebut akan meningkatkan kegiatan penyuntikan vaksin hingga dua kali lipat dari yang sudah berlangsung sejak 13 Januari 2021. "Kalau kita lihat yang mendapatkan dosis kedua jumlahnya sekitar 23 persen, sedangkan dosis pertama tentunya lebih besar," katanya.

Angka tersebut baru menyentuh kisaran 60 hingga 70 juta dosis vaksin dari total vaksin yang sudah dikirim produsen ke Indonesia yang berkisar 152 juta. Nadia mengatakan kebutuhan vaksin untuk 208 juta masyarakat sasaran 426 juta dosis.

Nadia mengatakan Kemenkes tengah membahas strategi percepatan vaksinasi untuk mencapai target dua juta dosis penyuntikan per hari hingga Desember 2021. "Setelah kita bisa mengendalikan peningkatan kasus yang terjadi di awal Juni sampai Juli, kita sekarang sudah harus kembali lagi untuk menyusun langkah dan strategi menyelesaikan penyuntikan dosis 300 juta tadi," katanya.

Nadia mengatakan upaya distribusi vaksin menuju 34 provinsi tetap dilakukan secara bertahap sesuai dengan ketersediaan vaksin. "Karena kita tahu vaksin ini butuh waktu. Vaksin yang setengah jadi tadi harus diolah dulu menjadi vaksin jadi dan kemudian akan menjadi vaksin yang siap," katanya.

Sebelum diedarkan vaksin harus melalui suatu proses pengawasan kualitas untuk memastikan keamanan.

Ringkasan

  • Kasus Covid-19 di wilayah DKI Jakarta mulai menunjukkan penurunan.
  • Hal tersebut diungkapkannya saat memberikan keterangan kepada wartawan usai meresmikan RS Modular Pertamina khusus Covid-19 di Tanjung Duren, Jakarta Barat, Jumat (06/08/2021).
  • Menurutnya, salah satu upaya berjaga-jaga adalah dengan tetap siaga menambah kapasitas rumah sakit, terutama untuk pasien yang bergejala.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh viva.co.id dan tribunnews.com dengan 1 pemberitaan, diikuti peringkat kedua merdeka.com dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 13:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 10:00 WIB dengan total 4 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh bisnis.com dengan 344 interaksi, diikuti peringkat kedua harianaceh.co.id dengan 47 interaksi. Selanjutnya katadata.co.id dengan 45 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.