Lokadata.ID

Jokowi: Pemulihan ekonomi dunia tergantung sukses vaksinasi

Presiden Joko Widodo  didampingi Menlu Retno Marsudi  dan Menkeu Sri Mulyani mengikuti forum KTT Luar Biasa G20 secara virtual dari Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/3/2020).
Presiden Joko Widodo didampingi Menlu Retno Marsudi dan Menkeu Sri Mulyani mengikuti forum KTT Luar Biasa G20 secara virtual dari Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/3/2020). Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis / ANTARA FOTO

Presiden Joko Widodo menyerukan pentingnya dukungan keuangan global untuk memulihkan ekonomi dunia setelah porak-poranda dilanda pandemi Covid-19. Negara-negara G20 sudah mulai melaksanakan komitmen membantu negara berkembang dengan melakukan restrukturisasi utang untuk negara berpendapatan rendah.

"Restrukturisasi utang ini harus dibarengi dengan ditingkatkannya manajemen utang termasuk transparansi data dan dijaganya keberlanjutan fiskal," kata Presiden Jokowi dalam sesi pertama KTT G20 yang bertemakan "Mengatasi Pandemi serta Memulihkan Pertumbuhan Ekonomi dan Pekerjaan”, seperti dikutip Republika, Sabtu (21/11).

Jokowi menjelaskan, pemulihan ekonomi dunia tidak akan dapat dilakukan apabila pemulihan kesehatan dunia tidak tercapai. Yang salah satunya diupayakan melalui vaksinasi Covid-19.

Presiden Jokowi menuturkan saat ini adalah waktu yang tepat untuk seluruh negara melakukan transformasi besar pasca pandemi Covid-19. Tidak hanya untuk pulih dari kesehatan dan ekonomi tetapi juga bangkit lebih kokoh.

“Hal ini bisa diwujudkan jika terdapat visi besar, aksi besar, dan perubahan besar. Big vision, big action, and big transformation,” kata Jokowi saat menyampaikan pidato melalui konferensi video pada Sesi II Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Istana Bogor, Jawa Barat, kemarin Minggu (22/11).

Presiden menyampaikan, Indonesia juga ingin melakukan transformasi yang besar menuju ekonomi yang lebih inklusif, berkelanjutan, dan berketahanan. “Sudah menjadi komitmen Indonesia untuk menuju ekonomi lebih hijau dan berkelanjutan. Geliat pemulihan ekonomi tidak lagi mengabaikan perlindungan terhadap lingkungan,” kata Menlu Retno Marsudi mengutip Jokowi.

Ringkasan

  • Presiden RI Joko Widodo menghadiri rangkaian KTT G20 tahun 2020 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu malam (22/11/2020).
  • Dalam pertemuan sesi kedua KTT G20 yang membahas pembangunan masa depan yang inklusif, berkelanjutan, dan tangguh, juga upaya pengentasan kemiskinan, kesenjangan, anti korupsi, pemberdayaan perempuan dan pemuda, pendidikan, pariwisata, ekonomi digital, serta upaya pengendalian perubahan iklim dan pelestarian lingkungan.
  • Dalam pertemuan sesi pertama yang berlangsung kemarin, Presiden mendorong negara-negara G20 untuk memberikan perhatian bagi akses terhadap vaksin Covid-19 yang harus dibuka kepada semua negara.
  • Jokowi juga menyatakan kebijakan fiskal, moneter, dan regulasi sektor keuangan harus tetap dijalankan sampai ekonomi betul-betul pulih secara kuat.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh rmco.id dan republika.co.id dengan 2 pemberitaan, diikuti peringkat kedua benangmerahnews.com dengan 2 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 13:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 05:00 WIB dengan total 4 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh rmco.id dengan 10.0 interaksi, diikuti peringkat kedua metrobali.com dengan 3.0 interaksi. Selanjutnya dailymail.co.id dengan 1.0 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.