Lokadata.ID

Kartun: Ahok bakal bersih-bersih BUMN?

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok kembali beraksi. Ia dalam bidikan bursa direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok kembali beraksi. Ia dalam bidikan bursa direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Salni Setyadi / Beritagar.id

KEMBALI| Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok akan menjadi bos BUMN. Hal ini terungkap setelah BTP terlihat mendatangi kantor Kementerian BUMN untuk bertemu Menteri BUMN Erick Tohir (13/11/2019).

"Saya cuma diajak untuk masuk ke dalam salah satu BUMN. Saya kalau buat negara untuk bangsa ya saya mesti bersedia. Saya nggak tahu (dapat posisi apa), saya apa aja juga boleh yang penting bantu negara," jelas BTP.

Usai kalah dari Anies Baswedan saat Pemilihan Gubernur DKI, Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjatuhkan vonis dua tahun penjara pada BTP karena kasus penodaan agama (9/5/2017). Ia menolak mengambil tawaran bebas bersyarat, dan bebas murni tanggal 24 Januari 2019.

BTP dikenal sebagai sosok tegas dan disiplin. Semasa dia menjabat Gubernur DKI, ia berani memecat PNS yang dinilainya punya kinerja buruk. Bila BTP kembali, ada peluang ia "bersih-bersih" pegawai yang performa kerjanya buruk di BUMN.