Lokadata.ID

Kartun: Kata Mendagri, kepala daerah tak usah open house

Tito ingatkan para kepala daerah tak usah menerima kunjungan warga di rumah saat Idulfitri, untuk mencegah kerumunan agar Covid-19 terkendali.
Tito ingatkan para kepala daerah tak usah menerima kunjungan warga di rumah saat Idulfitri, untuk mencegah kerumunan agar Covid-19 terkendali. Salni Setyadi / Lokadata.id

TUTUP | Mendagri Tito Karnavian meminta para kepala daerah saat Idulfitri tak membuka rumahnya untuk bersilaturahmi dengan warga. Tidak usah bikin acara open house — istilah yang sudah mengakar puluhan tahun, dan disebut dalam pidato dan dokumen pemerintahan — untuk mencegah kerumunan yang rawan penularan Covid-19.

Tito mengingatkan hal itu dalam rapat virtual dengan kepala daerah untuk mengevaluasi PPKM mikro, Senin (3/5/2021). Sebelumnya, sejumlah kepala daerah sudah membuat maklumat larangan open house. Misalnya Wali Kota Bekasi, Jawa Barat, Rahmat Effendi, Rabu lalu (28/4/2021). menerbitkan surat edaran berisi larangan untuk para kepala organisasi perangkat daerah.

Hari yang sama, Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal Z.A., mengimbau para wali kota dan bupati tak menggelar open house.

Jauh hari sebelumnya, Bupati Wonogiri, Jateng, Joko Sutopo, dan wakilnya, Setyo Sukarno, sesuai dilantik oleh Gubernur Ganjar Pranowo, akhir Februari lalu, berikrar tak akan menggelar open house.

Maka Lebaran kali ini, seperti tahun lalu, tak ada warga mengantre untuk menyalami suami istri kepala daerah di rumah dinasnya kemudian mencicipi hidangan.