Lokadata.ID

Kartun: Kebun Binatang Bandung kerepotan penuhi pakan satwa

Penyebaran Covid-19 tak terbendung, PPKM tak rampung-rampung. Kebun binatang berencana mengorbankan rusa penghuni bonbin untuk memberi makan harimau.
Penyebaran Covid-19 tak terbendung, PPKM tak rampung-rampung. Kebun binatang berencana mengorbankan rusa penghuni bonbin untuk memberi makan harimau. Salni Setyadi / Lokadata.id

KERONCONGAN| Selama PPKM sejak 3 Juli hingga 9 Agustus 2021, Kebun Binatang Bandung alias Bandung Zoological Garden (Bazoga), tidak dibuka untuk umum sehingga tidak ada pemasukan.

Bahkan, kebun binatang yang menampung 850 satwa tersebut semula berencana mengorbankan 30 ekor rusa dan 39 ekor angsa sebagai pakan harimau. Kepada Radio PRFM, Pengamat satwa Herlina Agustin menilai keputusan itu adalah hal yang logis, karena rusa dan angsa mudah bereproduksi (29/7/2021).

KBB berupaya menghimpun donasi pakan satwa dan kebutuhan lain sejak awal Juli. Hari Kamis (5/8/2021), KBB mendapat bantuan dari Dinas Kehutanan Jawa Barat berupa sayuran yang terdiri dari wortel 60 kilogram, labu siam 350 kilogram, pakcoy 300 kilogram, caisim 400 kilogram, mentimun 250 kilogram, kangkung dan kacang panjang 10 kilogram. Menurut Kepala Dinas Kehutanan Jawa Barat Epi Kustiawan, sayuran itu dibeli dari hasil panen para petani di Kabupaten Sukabumi yang kesulitan menjual hasil panen akibat daya beli masyarakat menurun.

Sungguh dilematis. Mei lalu, saat dibuka, petugas KBB mendapati dua calon pengunjungnya positif Covid-19. Kebun binatang di berbagai daerah pun mendapati masalah finansial serupa, misalnya Sangeh Monkey Forest di Bali, Kebun Binatang Madiun Umbul Square, dan Wisata Hutan Mata Kucing di Batam.