Lokadata.ID

Kartun: Minimarket tempat kongko, rawan Covid-19

Alasan DKI melarang minimarket buka sampai malam karena toko menjadi tempat kongko. Dulu 7 Eleven beroperasi dengan izin untuk restoran.
Alasan DKI melarang minimarket buka sampai malam karena toko menjadi tempat kongko. Dulu 7 Eleven beroperasi dengan izin untuk restoran. Salni Setyadi / Lokadata.id

KONGKO | Alasan Pemprov DKI Jakarta membolehkan toko swalayan hanya buka sampai pukul 19.00, menurut Plt. Kadis Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah DKI Jakarta Andri Yansyah, Rabu (13/1/2021), "Biasanya Indomaret, Alfamart, atau swalayan yang lain kalau malam itu (sering dijadikan) tempat kongko-kongko."

Ngobrol sambil ngemil dan minum memang berlangsung di minimarket yang buka sampai malam apalagi 24 jam. Banyak toko memfasilitasi kongko dengan menyediakan meja kursi di terasnya. Circle K malah menyediakan meja kursi di dalam.

Sedangkan jaringan 7 Eleven dulu, sebelum tutup, memang memfasilitasi makan minum karena usaha milik PT Modern Internasional Tbk. menggunakan izin operasi restoran.