Lokadata.ID

Kartun: Pesawat kepresidenan dicat ulang, warna merah-putih

Warna pesawat kepresidenan disoal karena pengecatan berbiaya Rp2 miliar itu dilakukan saat pandemi. Kini warnanya pesawat Presiden Jokowi itu merah, supaya seperti bendera Indonesia. Lalu kenapa waktu era SBY dulu warnanya biru-putih?
Warna pesawat kepresidenan disoal karena pengecatan berbiaya Rp2 miliar itu dilakukan saat pandemi. Kini warnanya pesawat Presiden Jokowi itu merah, supaya seperti bendera Indonesia. Lalu kenapa waktu era SBY dulu warnanya biru-putih? Salni Setyadi / Lokadata.id

KELIR| Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menjelaskan alasan mengapa saat pengecatan ulang pesawat Kepresidenan RI diwarnai merah-putih. Menurut Heru, hal itu disesuaikan dengan warna bendera Indonesia dan dalam rangka memperingati HUT ke-76 RI (3/8/2021).

Pengecatan pesawat ini menjadi perbincangan karena memakan biaya Rp2 miliar untuk berganti warna, dari biru-putih menjadi merah-putih. Menurut Heru pengecatan ini sudah direncanakan sejak tahun 2019.

Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PAN Guspardi Gaus mengatakan pemerintah seharusnya memiliki sense of crisis terkait proyek cat ulang pesawat kepresidenan di masa pandemi.