Lokadata.ID

Kartun: PPKM ganti istilah lagi

Lockdown, PSBB, PPKM, PPKM Darurat, PPKM Level 1-4, sudah ada beberapa istilah pembatasan masyarakat. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo anggap semua wilayah di Jateng merah.
Lockdown, PSBB, PPKM, PPKM Darurat, PPKM Level 1-4, sudah ada beberapa istilah pembatasan masyarakat. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo anggap semua wilayah di Jateng merah. Salni Setyadi / Lokadata.id

PADAN| "Maka kita call tinggi aja, semua sama. Kita tahan dulu agar bisa kendalikan gitu," ujar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ia tak ambil pusing menanggapi perubahan istilah PPKM Darurat (21/7/2021).

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk wilayah Jawa dan Bali berlaku 3-20 Juli 2020. Hari ini pemerintah resmi memutuskan PPKM tersebut diperpanjang.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan keputusan pemerintah untuk mengubah istilah dari PPKM Darurat ke PPKM Level 1 hingga level 4. Penetapan level wilayah akan berpedoman pada Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 seperti yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.