Lokadata.ID

Saudi larang warganya ke Indonesia karena lonjakan Covid-19

Ilustrasi: Seorang pria menunjukkan detil dirinya memalui aplikasi ponsel Tawwakalna, yang diluncurkan otoritas Saudi untuk melacak warga terinfeksi virus korona  saat memasuki pasar Al-Othaim di Riyadh, Arab Saudi, 22 Februari 2021.
Ilustrasi: Seorang pria menunjukkan detil dirinya memalui aplikasi ponsel Tawwakalna, yang diluncurkan otoritas Saudi untuk melacak warga terinfeksi virus korona saat memasuki pasar Al-Othaim di Riyadh, Arab Saudi, 22 Februari 2021. Ahmed Yosri / ANTARA FOTO/REUTERS

Kerajaan Arab Saudi meminta warga negaranya untuk pulang dari Indonesia karena adanya lonjakan kasus Covid-19 di sini. Saudi juga melarang kunjungan ke Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi melalui akun Twitter resminya @MOISaudiArabia, Rabu (21/7/2021) malam seperti dikutip Detik.

"Sumber resmi di Kementerian Dalam Negeri: Perjalanan langsung atau tidak langsung warga negara ke Indonesia dilarang, dan warga negara di Indonesia harus segera kembali ke Kerajaan," tulis Kementerian Dalam Negeri Saudi.

Gazette Saudi melaporkan warga Saudi telah diperingatkan agar tidak bepergian ke Indonesia secara langsung atau tidak langsung karena masalah virus korona, menurut laporan Saudi Press Agency (SPA) mengutip sumber resmi di Kementerian Dalam Negeri.

Langkah itu didasarkan pada kepedulian pemerintah terhadap keselamatan warga negara Saudi yang ingin bepergian ke luar negeri karena Indonesia sedang menghadapi lonjakan kasus varian baru virus korona.

Kementerian dalam negeri meminta warga Saudi yang sudah berada di Indonesia, untuk berhati-hati, menjauh dari daerah dengan kasus Covid-19 tinggi, mengikuti semua tindakan pencegahan dan kembali ke Kerajaan secepatnya.

Sebelumnya, Pemerintah Jepang mengevakuasi warganya dari Indonesia menyusul meningkatnya kasus harian Covid-19 di sini. Kompas mengutip Nikkei Asia, Selasa (13/7/2021), melaporkan, Pemerintah Jepang menyiapkan penerbangan khusus bagi warga Jepang yang ingin pulang.

Ringkasan

  • Kerajaan Arab Saudi meminta warga negaranya untuk pulang dari Indonesia.
  • Kementerian Dalam Negeri Saudi mengatakan, langkah itu didasarkan pada kepedulian pemerintah terhadap keselamatan warga negara yang ingin bepergian ke luar negeri karena Indonesia sedang terjadi lonjakan kasus varian baru virus korona.
  • Kementerian dalam negeri meminta warga Saudi yang sudah berada di Indonesia, untuk berhati-hati
  • Sebelumnya, Pemerintah Jepang mengevakuasi warganya dari Indonesia menyusul meningkatnya kasus harian Covid-19 di sini

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh realitarakyat.com dan minanews.net dengan 1 pemberitaan, diikuti peringkat kedua detik.com dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik dimulai sejak pukul 00:00 hingga 00:00 WIB, dan merupakan puncak dari pemberitaan dengan total 3 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh detik.com dengan 0 interaksi, diikuti peringkat kedua minanews.net dengan 0 interaksi. Selanjutnya realitarakyat.com dengan 0 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.