Lokadata.ID

Kemenhub bantah bakal tarik pajak sepeda

Pengendara sepeda motor melintasi jalur sepeda di Jalan Fatmawati, Jakarta, Kamis (31/10/2019).
Pengendara sepeda motor melintasi jalur sepeda di Jalan Fatmawati, Jakarta, Kamis (31/10/2019). Galih Pradipta / Antara Foto

Kementerian Perhubungan membantah kabar yang menyebut bahwa pemerintah akan memungut pajak sepeda. Pemerintah justru tengah menyiapkan aturan untuk pesepeda di masa transisi menuju tatanan hidup baru (new normal).

Regulasi yang akan diterapkan bagi para pesepeda, antara lain terkait pengaturan alat pemantul cahaya bagi para pesepeda, jalur sepeda, serta penggunaan alat keselamatan pesepeda. Tidak berbicara mengenai ide atau usulan pajak sepeda.

Saat ini Kemenhub juga sedang mendiskusikan soal kemungkinan merancang peraturan menteri mengenai keselamatan pengguna sepeda. Mengingat dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, pengaturannya dilakukan dengan peraturan daerah.

Ringkasan

  • Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membantah akan mengatur pajak sepeda.
  • Para pemilik sepeda tidak akan dikenakan pajak saat gowes atau berkendara menggunakan sepeda.
  • Lebih lanjut Ia juga menyampaikan bahwa regulasi ini akan mengatur dari sisi keselamatan para pesepeda.
  • Apalagi, dalam masa transisi adaptasi kebiasaan baru tengah terjadi peningkatan jumlah pesepeda terutama di kota-kota besar seperti Jakarta.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 15 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 5 pemberitaan. selanjutnya idntimes.com dengan 4 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 16:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 08:00 WIB dengan total 20 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh solopos.com dengan 11406 interaksi, diikuti peringkat kedua inews.id dengan 1081 interaksi. Selanjutnya kompas.com dengan 826 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.