Lokadata.ID

Komik: Hipertensi, daging kambing, dan mitos

Selama Covid-19 obat hipertensi naik. Bagaimana dengan pesta daging kambing pas Iduladha? Kolesterol kambing lebih rendah dari ayam.
Selama Covid-19 obat hipertensi naik. Bagaimana dengan pesta daging kambing pas Iduladha? Kolesterol kambing lebih rendah dari ayam. Tito Sigilipoe / Lokadata.id

EMBEEEKKKK... | Menurut Country Director Merck Biopharma Evie Yulin di Jakarta, Rabu (29/7/2020), selama pandemi Covid-19 penjualan obat gula dan tekanan darah tinggi naik. Namun penjualan obat kesuburan perempuan turun.

Tentu tak dapat dibilang selama pandemi jumlah pengidap diabetes dan hipertensi naik. Menurut Evie, sebelum ada Covid-19 pun kedua golongan obat itu termasuk laku.

Bicara hipertensi sering dihubungkan dengan konsumsi daging kambing. Kebetulan hari ini (Jumat, 31/7/2020) adalah Iduladha. Banyak daging kambing. Bahkan warga non-Muslim di sejumlah tempat juga menerima kelebihan daging kambing dan sapi. Kalau hanya bicara kolesterol, daging kambing tanpa gajih itu paling rendah kandungannya jika dibandingkan daging ayam dan sapi.