Lokadata.ID

Komik: Road bike memang istimewa

Pit balap alias sepeda jalan halus mendapatkan privilese di DKI: boleh melaju di jalan layang non-tol yang selama ini untuk mobil, bahkan motor pun dilarang.
Pit balap alias sepeda jalan halus mendapatkan privilese di DKI: boleh melaju di jalan layang non-tol yang selama ini untuk mobil, bahkan motor pun dilarang. Tito Sigilipoe / Lokadata.id

WUZZZZ... | Road bike bisa dikayuh biasa, bisa pula cepat seperti dicitrakan dari dalam padanan bahasa Indonesia: sepeda balap. Maka pit balap tersebut mendapatkan hak istimewa, setiap Sabtu dan Minggu pagi boleh melintasi jalan layang non-tol Tanah Abang - Kampung Melayu, Jakarta.

Sama seperti jalan layang Antasari (Cipete - Blok M), Jaksel, di jalan layang Jaktim-Jakpus tersebut kendaraan beroda dua maupun tiga dilarang masuk. Demi keselamatan lalu lintas hanya untuk mobil. Lalu sekarang sepeda balap boleh lewat sana.

Baiklah kalau alasannya sepeda kota untuk jalan halus butuh trek yang ramah kecepatan karena kelajuan bisa diukur. Yang tak dapat diukur, selain dengan survei, adalah mengapa sepeda jenis ini belakangan ngetren, menjadi bagian dari langgam urban, padahal ini bukan barang baru.

Selamat berakhir pekan.