Lokadata.ID

Komik: Suara perempuan di XXI hingga Transjakarta

Inilah keajaiban rekaman auditif: suara yang sama, dengan pesan yang sama, bisa awet. Sebuah kebisaan yang belum dijangkau semua orang.
Inilah keajaiban rekaman auditif: suara yang sama, dengan pesan yang sama, bisa awet. Sebuah kebisaan yang belum dijangkau semua orang. Tito Sigilipoe / Beritagar.id

REKAMAN | Rekaman suara yang kita kenal bukan hanya lagu dan iklan (pun pidato Proklamasi oleh Bung Karno pada 1959, bukan 1945), tetapi juga aneka panduan dan mesin penjawab.

Yang baru terungkap adalah pengisi suara panduan dalam bus Transjakarta, yakni Devianti Faridz. Belum terungkap siapa pemilik suara di dalam sejumlah kapal terbang saat pramugari memperagakan prosedur keselamatan.

Pun belum jelas suara siapa saja dalam mesin penjawab aneka layanan, sejak bank sampai operator seluler, yang bisa menyebutkan jumlah tagihan (secara patah-patah).

Para pengisi suara itu orang hebat. Mereka menanamkan imaji ke dalam teater benak. Salah satu aktor Hollywood, Amerika, yang bereputasi dalam pengisian suara adalah Morgan Freeman (82).