Lokadata.ID

Konflik Habib Umar Assegaf dan petugas PSBB di jalan

FISIK | Tangkapan layar dari video yang beredar di media sosial. Habin Umar mendorong dan memukul petugas. Lalu petugas membalas.
FISIK | Tangkapan layar dari video yang beredar di media sosial. Habin Umar mendorong dan memukul petugas. Lalu petugas membalas. Robotorial / lokadata.id

Cekcok yang diwarnai kekerasan fisik, antara Habib Umar bin Abdullah Assegaf dan personel satuan polisi pamong praja di Surabaya, Jawa Timur, berujung pelaporan ke Polda Jatim oleh korban, anggota satpol (Kamis, 21/5./2020).

Peristiwa yang tervideokan itu bermula dari penyetopan petugas pengawas PSBB Covid-19 terhadap mobil Toyota Camri N-1-B di gerbang keluar tol Satelit (Rabu, 20/5/2020). Mobil yang ditumpangi Umar tersebut diminta memutar balik, tak memasuki Surabaya. Pengemudi tak bermasker. Jumlah penumpang melebihi aturan PSBB.

Umar tak terima. Lalu dia dan petugas pun perang mulut, kemudian diwarnai saling dorong dan pukul, disaksikan seorang polantas. Video yang beredar di media sosial ada yang panjang (2 menit 20 detik), dan ada pula yang versi potongan, hanya berisi adegan petugas membalas Umar (32 detik).

Umar adalah pemimpin Majelis Roudhotus Salaf, Bangil, Pasuruan, Jatim. Sekretaris MUI Jatim Ainul Yaqin menyayangkan petugas yang meladeni emosi Umar.

Ringkasan

  • Sebuah video viral di media sosial menampilkan seorang pria sepuh berpakaian gamis putih dan serban putih mempertahankan diri dari serangan petugas Satpol PP.
  • Pria tersebut diketahui adalah Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil, Pengasuh Majelis Roudhotus Salaf, Bangil, Pasuruan, Jawa Timur.
  • Kepolisian Daerah Jawa Timur membenarkan adanya insiden pelanggar pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di cek poin pintu keluar Tol Satelit Surabaya pada Rabu sore, (20/5).
  • Dalam video tersebut, petugas gabungan menghentikan sebuah mobil sedan Toyota Camry bernomor polisi N1B di sebuah jalur putar balik.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dengan 20 pemberitaan, diikuti peringkat kedua antaranews.com dengan 5 pemberitaan. selanjutnya viva.co.id dengan 4 pemberitaan pada peringkat ketiga.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 10:00 hingga 23:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 13:00 WIB dengan total 14 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh cnnindonesia.com dengan 24788 interaksi, diikuti peringkat kedua viva.co.id dengan 16367 interaksi. Selanjutnya solopos.com dengan 10526 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.