Lokadata.ID

Lion Air kembalikan 6 pesawat ke lessor

Sejumlah pesawat  parkir di Apron Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (7/5/2021).
Sejumlah pesawat parkir di Apron Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (7/5/2021). Muhammad Iqbal / ANTARA FOTO

Manajemen PT Lion Mentari Airlines, pengelola Grup Lion Air, mengembalikan enam pesawat ke lessor. Pengembalian ini untuk mengurangi dampak menurunnya jumlah penumpang akibat pandemi terhadap perusahaan.

"Dari 299 armada (pesawat udara) yang dioperasikan baik skema finance lease maupun operating lease, terdapat 6 yang dikirim ke Alice Spring, Australia, lokasi yang disepakati bersama lessor," demikian disampaikan Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, di Jakarta, Sabtu (7/8/2021) seperti dikutip CNBC Indonesia.

Danang menjelaskan dalam pengoperasian pesawat udara yang dilakukan perusahaan ada dua skema, pertama finance lease yakni sewa beli dan kedua operating lease, yaitu sewa pesawat udara.

Danang mengatakan dalam kondisi pandemi, di luar kemampuan yang belum pernah terjadi sebelumnya, Lion Air Group melakukan adaptasi (penyesuaian) yang berdampak ke bisnis, salah satunya restrukturisasi.

Keputusan ini, digunakan untuk melakukan perbaikan yang tujuan akhirnya adalah memperbaiki serta memaksimalkan kinerja yang dijalankan perusahaan.

Lion Air Group yang juga mengelola Wings Air dan maskapai layanan full service Batik Air ini sangat perlu melakukan evaluasi kinerja dan melakukan perbaikan agar tetap tumbuh dan dapat bersaing.

Rumahkan karyawan

Lion Air Group menyebutkan, operasional penerbangan saat pelaksanaan PPKM Darurat menurun sangat tajam. Mereka hanya mengoperasikan 10 sampai 15 persen kapasitas penerbangan dari kondisi normal sebelum pandemi yang sekitar 1.400 penerbangan per hari.

Akibat kondisi tersebut, perusahaan memutuskan untuk menyesuaikan kapasitas produksi dengan jumlah sumber daya manusia (SDM) agar seimbang. Perusahaan ini memutuskan merumahkan karyawannya sebanyak 25 sampai 30 persen dari total 23 ribu pegawai.

Manajemen menyebut, selama dirumahkan, karyawan akan dibantu dengan diberikan dukungan biaya hidup sesuai kemampuan perusahaan.

“Keputusan berat tersebut diambil bertujuan utama sebagai konsentrasi efektif dan efisien sejalan mempertahankan bisnis yang berkesinambungan dan perusahaan tetap terjaga, merampingkan operasi perusahaan, mengurangi pengeluaran dan merestrukturisasi organisasi di tengah kondisi operasional penerbangan yang belum kembali normal,” kata Danang Mandala Prihantoro kepada Lokadata.id, Sabtu (31/7).

Ringkasan

  • Lion Air Group akan mengembalikan 6 pesawat ke Alice Spring, Australia.
  • Pengembalian ini untuk mengurangi dampak menurunnya jumlah penumpang akibat pandemi terhadap perusahaan
  • Perusahaan ini memutuskan merumahkan karyawannya sebanyak 25 sampai 30 persen dari total 23 ribu pegawai.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh tribunnews.com dan topcareer.id dengan 1 pemberitaan, diikuti peringkat kedua matabanua.co.id dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 00:00 hingga 09:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 07:00 WIB dengan total 2 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh koranpagionline.com dengan 0 interaksi, diikuti peringkat kedua matabanua.co.id dengan 0 interaksi. Selanjutnya topcareer.id dengan 0 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.