Lokadata.ID

Lionel Messi resmi ke PSG, Barcelona sulit cari sponsor?

Lionel Messi bersama presiden PSG Nasser Al-Khelaifi saat diperkenalkan sebagai pemain baru klub di konfrensi pers di Parc des Princes, Paris, Prancis pada 11 Agustus 2021.
Lionel Messi bersama presiden PSG Nasser Al-Khelaifi saat diperkenalkan sebagai pemain baru klub di konfrensi pers di Parc des Princes, Paris, Prancis pada 11 Agustus 2021. SARAH MEYSSONNIER / ANTARA FOTO

Lionel Messi resmi bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG) dengan status bebas transfer setelah hengkang dari Barcelona. Bersama klub Prancis tersebut, dia dipastikan tidak mengenakan nomor ikoniknya yaitu 10 melainkan nomor punggung 30, demikian laporan Reuters yang dikutip Tempo, pada Rabu (11/8/2021).

Messi telah menandatangani kontrak dua musim di Parc des Princes dengan opsi tambahan satu tahun. Ia dilaporkan akan mendapatkan gaji 35 juta euro (sekitar Rp 590 miliar) per tahun.

Penyerang berusia 34 tahun itu meninggalkan Barcelona karena klub tidak bisa memberikannya kontrak baru setelah terhalang aturan finansial La Liga.

Barca telah melampaui batas gaji La Liga, membuat kapten andalan mereka tidak punya pilihan selain mengonfirmasi kepergiannya dalam konferensi pers terakhir yang emosional.

Belum sehari ditinggal Lionel Messi, masalah serius berkaitan dengan pemasukan keuangan tim harus segera dihadapi Barcelona. Mengawali musim 2021-2022 Barcelona kehilangan ikon klub, Lionel Messi yang gagal dikontrak kembali.

Klub berjuluk Blaugrana itu harus kehilangan pemasukan hingga 11 persen tepat setelah Messi gagal dikontrak kembali oleh manajemen, Selama ada Messi, Barcelona bisa mendapat kontrak sponsor hingga 180 juta euro setahun.

"Mulai saat ini, guna mempertahankan sponsor penampilan tim akan lebih penting ketimbang nama besar pemain," lata Marc Ciria, pakar keuangan Barcelona, seperti dikutip Suara dari Marca.

"Kepergian Messi jelas memiliki konsekuensi besar bagi klub dalam hal sponsor. Saat ini mereka harus memenangi beberapa gelar Liga Champions.''


Gaji Messi di atas Neymar

Messi akan mendapatkan kontrak berdurasi dua tahun di PSG. Dia akan mendapatkan bonus penandatanganan kontrak senilai 25 juta euro atau sekitar Rp421 miliar.

Dalam kontrak itu, Messi akan mendapatkan bayaran sebesar 35 juta euro atau sekitar Rp590 miliar per tahunnya setelah pajak. Menurut The Sun seperti dikutip Tempo, bayaran Messi itu di atas para pemain bola lainnya.

Cristiano Ronaldo yang saat ini bermain di Juventus mendapatkan bayaran sebesar 31 juta euro atau sekitar Rp522 miliar per tahun. Dua bintang PSG, Neymar dan Kylian Mbappe juga mendapatkan bayaran lebih kecil dari Messi.

Dalam kontrak baru yang ditandatangani bulan lalu, Neymar disebut mendapatkan bayaran 30 juta euro atau sekitar Rp505 miliar per tahun. Sementara Mbappe mendapatkan bayaran sebesar 24 juta euro atau sekitar Rp404 miliar per tahun.

Ringkasan

  • Lionel Messi resmi bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG) dengan status bebas transfer setelah hengkang dari Barcelona.
  • Barcelona yang selama ini mengandalkan pria berjulukan La Pulga itu untuk menggait sponsor, mulai kelabakan.
  • Barcelona mulai merasakan dampak dari kepergian Lionel Messi.
  • Pendekatan klub untuk hubungan komersial dan kesepakatan harus berubah.
  • Tak cukup membuat para fan bersedih, kepergian Messi langsung membawa masalah serius bagi keuangan Barcelona hingga harus memutar otak.

Sebaran Media

Jumlah sebaran pada Media Daring terbanyak diraih oleh viva.co.id dan tribunnews.com dengan 1 pemberitaan, diikuti peringkat kedua suara.com dengan 1 pemberitaan.

Jumlah berita per media
Jumlah berita per media Robotorial / Content Analysis

Sebaran Linimasa

Sebaran topik mulai muncul sejak pukul 09:00 hingga 17:00 WIB, dan mencapai puncak pemberitaan pada pukul 11:00 WIB dengan total 3 pemberitaan.

Jumlah berita per jam
Jumlah berita per jam Robotorial / Content Analysis

Sebaran Facebook

Jumlah interaksi pada media sosial Facebook terbanyak diraih oleh dinamikajambi.com dengan 414 interaksi, diikuti peringkat kedua kba.one dengan 193 interaksi. Selanjutnya tribunnews.com dengan 114 interaksi pada peringkat ketiga.

Jumlah berita media di Facebook
Jumlah berita media di Facebook Robotorial / https://www.sharedcount.com/

Sumber

Catatan Redaksi: Teks dan gambar dalam artikel ini diolah secara otomatis oleh program komputer. Penerbitannya melalui moderasi editor.