Lokadata.ID

Madura minim pemudik

10 daerah dengan komposisi penduduk lokal terbesar di Indonesia.
10 daerah dengan komposisi penduduk lokal terbesar di Indonesia. Lokadata / Lokadata

Jelang Lebaran, kota-kota besar tak seramai biasanya. Lalu-lalang di pusat perkantoran maupun perbelanjaan jadi berkurang. Para perantau mudik ke kampung halaman. Andai tahun 2020 tidak terjadi pandemi, keramaian akan bergeser ke desa-desa.

Namun, tidak begitu halnya di wilayah seperti Kabupaten Sumenep, Kabupaten Bangkalan, dan Kabupaten Sampang. Tiga kabupaten di Pulau Madura ini termasuk 10 besar kabupaten/kota dengan komposisi penduduk lokal terbesar.

Boleh dikata, mereka tak perlu repot memikirkan mudik. Sedikit sekali penduduk tiga kabupaten ini yang bermigrasi ke daerah lain. Namun, potensi pemudik asal Madura dari kawasan lain tetap ada.

Berdasar olahan atas Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) BPS 2019, komposisi penduduk lokal di tiga kabupaten ini di atas 97 persen. Jika berkunjung ke Kabupaten Sumenep, dari 100 orang yang Anda temui, kemungkinan besar hanya 2 orang yang tidak lahir dan besar di sana. Sisanya adalah orang lokal Sumenep.

Selain kawasan Madura, Nusa Tenggara Barat juga menjadi provinsi yang komposisi penduduk lokalnya sangat besar. Lima dari 10 kabupaten di Nusa Tenggara Barat, komposisi penduduk lokalnya lebih dari 90 persen. Di Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Tengah, warga lokalnya bahkan mencapai 98 persen.